Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/512
Title: PENGARUH PENDEKATAN MINDFUL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTS TAMAN PENDIDIKAN ISLAM MEDAN T.A 2019/2020
Authors: SITOPU, WIDIA FITRIANI
Issue Date: 20-Jan-2021
Series/Report no.: UISU200169;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengarauh aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pendekatan mindful learning (kesadaran dalam belajar) pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII MTs. Taman pendidikan Islam di Amplas Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kaloboratif antara peneliti dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, interview, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Berdasarkan penelitian yaitu dilakukkan di MTs. Taman Pendidikan Islam menunjukkan persentase jumlah siswa yang aktivitas belajar pada siklus I dengan katagori pengamatan : 1. Memperhatikan penjelasan guru 83,63%, 2. Bertanya materi pembelajaran 76,36% 3. Bertukar pendapat dengan teman 80,00% 4. Mengeluarkan ide dalam diskusi 78,18% 5. Bekerjasama dalam kelompok 81,81%. Dari kelima katagori aktivitas belajar siswa mencapai rata – rata 79,961%. Dari hasil observasi aktivitas belajar siswa tersebut belum dapat dikatakan berhasil, karena belum mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan pada aktivitas belajar siswa yaitu ≥ 75%. Kemudian setelah dilaksanakan tindakan, berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa, pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Mindful Learning berdampak pada hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa, dan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan pembelajaran Mindful Learning, adanya mengalami peningkatan yang lebih baik dari silkus I ke siklus Ke II. Persentase hasilnya pada siklus I sebesar 69,10% meningkat pada siklus II sebesar 89,10%. Oleh karena itu, adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Mindful Learning berhasil meningkat hasil belajar siswa.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/512
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography915.3 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract911.93 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I.pdfChapter I915.68 kBAdobe PDFView/Open
Chapter II, III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter II, III, IV, V927.9 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.