Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3670
Title: | PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN CONSTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA KELAS X SMA |
Authors: | ANGGRENI, TIKA |
Keywords: | Pengembangan, E-modul, Berbasis Etnomatematika, Constextual Teaching and Learning. |
Issue Date: | 4-Sep-2024 |
Publisher: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | Uisu2403797;71190514004 |
Abstract: | PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN CONSTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA KELAS X SMA Tika Anggreni Pendidikan Matematika, Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia tikaanggreni4@gmail.com Skripsi ini membahas tentang pengembangan E-Modul berbasis Etnomatematika SMA kelas X. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan E-Modul Matematika berbasis Etnomatematika pada materi Bangun Ruang Tiga Dimensi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Al-Washliyah Pasar Senen Medan dengan subjek penelitian siswa kelas X. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan E-Modul yang dikembangkan ini adalah angket penilaian oleh ahli, untuk mengukur kepraktisan E-Modul instrument yang digunakan adalah angket respon peserta didik dan untuk mengukur keefektifan E-Modul instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik menggunakan E-Modul berbasis Etnomatematika Menggunakan Constextual Teaching and Learning. Kevalidan E Modul dinilai dari penilaian para ahli dari tiga ahli dengan skor maksimal 5 untuk tiap-tiap pernyataan. Hasil penilaian rata-rata untuk E-Modul dari tiga ahli yaitu 4,4 yang berarti perangkat yang dikembangkan memiliki kualitas “sangat valid”. Kepraktisan berdasarkan angket respon peserta didik mendapatkan rata-rata skor 4,1 dari skor maksimal 5 untuk setiap pernyataan yang berarti perangkat yang dikembangkan memiliki kualitas “praktis”. Keefektifan E-Modul yang dikembangkan ditinjau dari nilai hasil tes ketuntusan belajar peserta didik kelas X SMA Al-Washliyah Pasar Senen Medan menggunakan pembelajaran E-Modul Berbasis Etnomatematika memiliki nilai rata-rata 61,4 dengan persentase sebesar 80% hal ini memperlihatkan bahwa E-modul Matematika berbasis Etnomatematika Menggunakan Constextual Teaching and Learning dinyatakan “efektif”. Kata Kunci : Pengembangan, E-modul, Berbasis Etnomatematika, Constextual Teaching and Learning. |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3670 |
Appears in Collections: | Pendidikan Matematika |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover,Bibliography.pdf | Cover,Bibliography.pdf | 963.76 kB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract.pdf | 319.87 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II.pdf | 511.35 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V.pdf | 1.75 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.