Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3670
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorANGGRENI, TIKA-
dc.date.accessioned2024-09-04T02:34:55Z-
dc.date.available2024-09-04T02:34:55Z-
dc.date.issued2024-09-04-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3670-
dc.description.abstractPENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN CONSTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA KELAS X SMA Tika Anggreni Pendidikan Matematika, Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia tikaanggreni4@gmail.com Skripsi ini membahas tentang pengembangan E-Modul berbasis Etnomatematika SMA kelas X. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan E-Modul Matematika berbasis Etnomatematika pada materi Bangun Ruang Tiga Dimensi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Al-Washliyah Pasar Senen Medan dengan subjek penelitian siswa kelas X. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan E-Modul yang dikembangkan ini adalah angket penilaian oleh ahli, untuk mengukur kepraktisan E-Modul instrument yang digunakan adalah angket respon peserta didik dan untuk mengukur keefektifan E-Modul instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik menggunakan E-Modul berbasis Etnomatematika Menggunakan Constextual Teaching and Learning. Kevalidan E Modul dinilai dari penilaian para ahli dari tiga ahli dengan skor maksimal 5 untuk tiap-tiap pernyataan. Hasil penilaian rata-rata untuk E-Modul dari tiga ahli yaitu 4,4 yang berarti perangkat yang dikembangkan memiliki kualitas “sangat valid”. Kepraktisan berdasarkan angket respon peserta didik mendapatkan rata-rata skor 4,1 dari skor maksimal 5 untuk setiap pernyataan yang berarti perangkat yang dikembangkan memiliki kualitas “praktis”. Keefektifan E-Modul yang dikembangkan ditinjau dari nilai hasil tes ketuntusan belajar peserta didik kelas X SMA Al-Washliyah Pasar Senen Medan menggunakan pembelajaran E-Modul Berbasis Etnomatematika memiliki nilai rata-rata 61,4 dengan persentase sebesar 80% hal ini memperlihatkan bahwa E-modul Matematika berbasis Etnomatematika Menggunakan Constextual Teaching and Learning dinyatakan “efektif”. Kata Kunci : Pengembangan, E-modul, Berbasis Etnomatematika, Constextual Teaching and Learning.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUisu2403797;71190514004-
dc.subjectPengembangan, E-modul, Berbasis Etnomatematika, Constextual Teaching and Learning.en_US
dc.titlePENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN CONSTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA KELAS X SMAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Matematika

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover,Bibliography.pdf963.76 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract.pdf319.87 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II.pdf511.35 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V.pdf1.75 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.