Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2879
Title: PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA BROKEN HOME DI MTs SWASTA TAMAN PENDIDIKAN ISLAM MEDAN
Authors: PERANGIN-ANGIN, KEVIN ANDREW PRANATA
Keywords: Guru, Akidah Akhlak, Kenakalan Siswa
Issue Date: 25-Mar-2024
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU240126;71190211033
Abstract: ABSTRAK PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA BROKEN HOME DI MTs SWASTA TAMAN PENDIDIKAN ISLAM MEDAN KEVIN ANDREW PRANATA PERANGIN-ANGIN 71190211033 Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk kenakalan, faktorfaktor penyebab terjadinya kenakalan, dan upaya-upaya yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak dalam menanggulangi kenakalan yang dilakukan oleh siswa di MTs Swasta Taman Pendidikan Islam Medan, Medan Amplas. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui kegiatan dokumentasi dan wawancara dengan pihak terkait. Responden dalam penelitian ini adalah Guru Akidah Akhlak dan beberapa siswa di di Mts Swasta Taman Pendidikan Islam Medan, Medan Amplas. Hasil penelitian ini menunjukan bentuk-bentuk kenakalan yang dilakukan oleh siswa di MTs Taman Pendidikan Islam dibagi ke dalam dua klasifikasi, yaitu pelanggaran ringan dan pelanggaran berat. Secara umum, faktor-faktor yang melatar belakangi kenakalan siswa di MTs Taman Pendidikan Islam meliputi, faktor keluarga, faktor lingkungan, dan faktor psikologi. Upaya yang digunakan untuk menanggulangi kenakalan siswa di MTs Taman Pendidikan Islam Medan adalah Program Preventif yang terdiri dari Program Pengarahan dan Program Bimbingan, dan Program Represif yang terdiri dari Program Identifikasi dan Program Pembinaan. Kata Kunci : Guru, Akidah Akhlak, Kenakalan Siswa
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2879
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography536.73 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract56.97 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II230.1 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V268.61 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.