Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1725
Title: | Pengaruh model bembelajaran crossword Puzzle pada siswa/i di MTs Alwashliyah Desa Pasar Miring tahun pelajaran 2021-2022. |
Authors: | SHAUFANI |
Issue Date: | 2-Feb-2023 |
Publisher: | Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | UISU230134; |
Abstract: | ABSTRAK Shaufani. 2022. Pengaruh model bembelajaran crossword Puzzle pada siswa/i di MTs Alwashliyah Desa Pasar Miring tahun pelajaran 2021-2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara. Pendidikan merupakan faktor utama yang perlu ditingkatkan kualitasnya. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan yaitu dengan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satu upaya pendidik dalam meningkatkan hasil belajar adalah menggunakan strategi pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan adalah strategi pembelajaran crossword puzzle. Strategi pembelajaran crossword puzzle merupakan salah satu strategi pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berlatih mengingat kembali materi yang dipelajari dan disampaikan oleh guru saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas VII Mts Alwashliyah Pasar Miring. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dan jenis eksperimennya yaitu Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Kelas VII di Mts Alwashliyah Pasar Miring yang berjumlah 66 Peserta didik, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah VII1 sebagai kelas eksprimen yang berjumlah 33 peserta didik dan VII2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simpel random sampling. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah berupa tes (postest) yang berjumlah 30 soal kemudian dihitung menggunakan Microsoft Excel. Berdaarkan hasil penelitian data diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,071 > 1.999. dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar Akidah Akhlak kelas VII MTs Alwashliyah Desa Pasar Miring. |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1725 |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 1.26 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 89.84 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 427.11 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 372.26 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.