Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1237
Title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI BERBANTUAN VIDEO POWTOON UNTUK SISWA KELAS X SMA
Authors: PUTRI, MEY RISKA
Keywords: Learning Media, Negotiation Text, Video Powtoon
Media Pembelajaran, Teks Negosiasi, Video Powtoon
Issue Date: 13-Oct-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU220103;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan kelayakan media pembelajaran teks negosiasi berbantuan video Powtoon untuk siswa kelas X SMA. Sumber data pada penelitian ini berupa kuesioner. Jenis data yang digunakan adalah data deskripsi kuantitatif sebagai data pokok yang terkumpul melalui instrumen dengan skala likert. Responden dalam penelitian ini adalah ahli materi dan ahli media. Metode penelitian menggunakan penelitian dan pengembangan 4-D oleh Thiagajaran yang terdiri dari empat tahap yaitu define, design, development, dan dissemination. Penelitian ini dibatasi pada tahap pengembangan (development) dan validasi oleh empat validator ahli, karena situasi saat ini sedang terjadi pandemi Covid-19 sehingga tidak dapat dilakukan untuk tahap penyebarluasan (dissemination). Berdasarkan hasil respon ahli materi, diperoleh rata-rata keseluruhan aspek materi 75% dengan kategori “Layak”. Sementara ahli media/desain diperoleh rata-rata keseluruhan aspek sebesar 87% dengan kategori “Sangat Layak”. Ini berarti media pembelajaran teks negosiasi berbantuan video Powtoon untuk siswa Kelas X SMA ini layak dan valid untuk diterapkan pada kelompok kecil dan kelompok besar.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1237
Appears in Collections:Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography3.12 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract67.33 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I.pdfChapter I82.27 kBAdobe PDFView/Open
Chapter II, III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter II, III, IV, V3.34 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.