Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/853
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSAID, SALIM-
dc.date.accessioned2021-10-29T08:12:42Z-
dc.date.available2021-10-29T08:12:42Z-
dc.date.issued2021-10-29-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/853-
dc.description.abstractNilai pelajaran aqidah akhlak siswa masih tergolong rendah MTs Ta’dib Al-Muallimin Al-Islamy, rendahnya nilai pelajaran aqidah akhlak pada umumnya rata-rata 6-7 dan hanya sedikit yang nilai belajarnya 8, rendahnya nilai belajar aqidah akhlak siswa tidak terlepas dari penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru aqidah akhlak, karena metode pembelajaran yang diterapkan selama ini masih terkesan konvensional atau metode ceramah, Tanya jawab dan penugasan. Oleh karena itu dianggap penting menggunakan metode tutorial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode tutorial dalam proses belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak. Untuk mengetahui nilai belajar mata pelajaran aqidah akhlak siswa MTs Ta’dib Al-Muallimin Al-Islamy dan Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode tutorial terhadap peningkatan nilai belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Ta’dib Al-Muallimin Al-Islamy. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jumlah sampel 30 orang. Metode penelitian ini digunakan dengan metode kuantitatif dengan menetpkan sampel 30 orang. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Penggunaan metode tutorial dalam pembelajaran akidah akhlak bagi siswa di kelas VIII MTs Ta’dib AlMuallimin Al- Islamy Tahun 2021-2022 diterapkan dengan baik hal ini terlihat dari pelaksanaan pembelajaran model tutorial diterima dan disenangi oleh siswa yaitu dengan system bimbingan guru. Nilai belajar siswa kelas VIII MTs Ta’dib Al- Muallimin Al- Islamy berdasarkan tes yang diberikan setelah diajarkan model pembelajaran metode tutorial dengan nilai rata-rata 10,16, sedangkan standard deviasi 8,60 dan harga varians 2.93 Adapun pengaruh yaitu terdapat antara metode tutorial dan model convensional terhadap nilai belajar pendidikan akidah akhlak pada siswa kelas VIII MTs Ta’dib Al-Muallimin Al-Islmy dengan perbandingan bahwa metode tutorial lebih tinggi dibandingkan metode konvensional hal ini diketahui berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa thitung> ttabel yaitu 4,673 > 1,667. Hal ini berarti bahwa terima Ha atau tolak Ho yang berarti rata-rata nilai belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran tutoriallebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran convensional.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUISU210216;-
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN METODE TUTORIAL TERHADAP PENINGKATAN NILAI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MTs TA’DIB AL-MUALLIMIN AL-ISLAMY TAHUN AJARAN 2021-2022en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography535.93 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract238.83 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I.pdfChapter I415.69 kBAdobe PDFView/Open
Chapter II, III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter II, III, IV, V556.21 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.