Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/560
Title: PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS SAINTIFIK MENGGUNAKAN MODUL TATA NAMA SENYAWA
Authors: PAMISA, EFRI
Keywords: Perangkat pembelajaran, RPP dan MODUL berbasis saintifik, tata nama senyawa, kelas X Sekolah Menengah Atas
Learning Devices, Lesson Plans and Scientific-based MODULE. Compound Nomenclature, Class X Senior High School
Issue Date: 3-Feb-2021
Publisher: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU200150;
Abstract: Penelitian ini dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan yang menunjukan guru masih kesulitan dalam membuat perangkat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan suatu produk perangkat pembelajaran berupa RPP dan MODUL berbasis saintifik untuk materi tata nama senyawa siswa kelas X Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Langkah-langkah pengembangan penelitian ini (1) analisis kebutuhan, (2) penelitian dan pengumpulan data, (3) pengembangan produk awal, (4) evaluasi, (5) revisi, (6) penyempurnaan produk akhir. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk memvalidasi kualitas perangkat pembelajaran berbasis saintifik oleh pakar pembelajaran dan guru kelas X Sekolah Menengah Atas. Perangkat pembelajaran berbasis saintifik untuk siswa kelas X dikembangkan dengan sangat baik dan layak digunakan berdasarkan validasi pakar pembelajaran dengan skor 82% dan pakar media dengan skor 77%. Penilaian perangkat pembelajaran berbasis saintifik sangat layak digunakan berdasarkan validasi guru kelas X dengan skor 84%.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/560
Appears in Collections:Pendidikan Kimia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography1.57 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract91.81 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I.pdfChapter I225.25 kBAdobe PDFView/Open
Chapter II, III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter II, III, IV, V625.94 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.