Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/547
Title: | PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP DISPOSISI DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 04 TEBING TINGGI |
Authors: | APRILLIA, ULFA DWI |
Keywords: | Contextual Teaching and Learning, Disposisi, Kemampuan Komunikasi Contextual Teaching and Learning, Disposition, Communication Ability |
Issue Date: | 3-Feb-2021 |
Publisher: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | UISU200146; |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran CTL efektif terhadap disposisi dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasinya adalah siswa/i kelas X SMA Negeri 04 Tebing Tinggi tahun ajaran 2019/2020. Secara random sampling terpilih dua kelas yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran CTL dan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Metode pengumpulan data adalah metode observasi, tes, dan angket disposisi. Analisis yang dilakukan menggunakan Uji Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) besar pengaruh CTL terhadap komunikasi matematis adalah 91,3%; (2) besar pengaruh CTL terhadap disposisi matematis adalah 52,7%; (3) kemampuan komunikasi pada kelas kontrol lebih baik dari pada kelas eksperimen; (4) disposisi matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripadakelas kontrol; (5) disposisi matematis berpengaruh secara positif terhadap kemampuan komunikasi matematis pada kelas eksperimen. |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/547 |
Appears in Collections: | Pendidikan Matematika |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 6.39 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 169.79 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I.pdf | Chapter I | 193.83 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter II, III, IV, V.pdf Restricted Access | Chapter II, III, IV, V | 758.15 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.