Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/547
Title: PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP DISPOSISI DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 04 TEBING TINGGI
Authors: APRILLIA, ULFA DWI
Keywords: Contextual Teaching and Learning, Disposisi, Kemampuan Komunikasi
Contextual Teaching and Learning, Disposition, Communication Ability
Issue Date: 3-Feb-2021
Publisher: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU200146;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran CTL efektif terhadap disposisi dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasinya adalah siswa/i kelas X SMA Negeri 04 Tebing Tinggi tahun ajaran 2019/2020. Secara random sampling terpilih dua kelas yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran CTL dan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Metode pengumpulan data adalah metode observasi, tes, dan angket disposisi. Analisis yang dilakukan menggunakan Uji Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) besar pengaruh CTL terhadap komunikasi matematis adalah 91,3%; (2) besar pengaruh CTL terhadap disposisi matematis adalah 52,7%; (3) kemampuan komunikasi pada kelas kontrol lebih baik dari pada kelas eksperimen; (4) disposisi matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripadakelas kontrol; (5) disposisi matematis berpengaruh secara positif terhadap kemampuan komunikasi matematis pada kelas eksperimen.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/547
Appears in Collections:Pendidikan Matematika

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography6.39 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract169.79 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I.pdfChapter I193.83 kBAdobe PDFView/Open
Chapter II, III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter II, III, IV, V758.15 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.