Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/514
Title: PENGARUH PENGGUNAAN METODE PUMPING STUDENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTs UMN AL-WASHLIYAH KECAMATAN MEDAN AMPLAS TAHUN AJARAN 2020
Authors: SARI, YENI RATNA
Keywords: pumping student, prestasi belajar, akidah akhlak
Issue Date: 20-Jan-2021
Publisher: Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU200171;
Abstract: Pendidikan merupakan proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang, kelompok, kelompok orang, dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Permasalahan yang muncul pada saat pembelajaran akidah akhlak adalah rendahnya prestasi belajar peserta didik, di karenakan pada proses pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional dimana peserta didik hanya mendengarkan dan dikusi. Maka peneliti menggunakan penerapan metode Pumping Student.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Pumping Student terhadap hasil belajar akidah akhlak kelas VIII MTs UMN Al-Washliyah Kecamatan Medan Amplas. Gaya belajar pumping student merupakan salah satu gaya belajar yang membantu guru memberi pemahaman pada siswa untuk memotivasi siswa dalam membuat hubungan antara pengetahuan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian di ketemukan bahwa penggunaan metode pumping student tergolong sangat baik dengan prosentase 10,46% pada kategori 86-100% dan prestasi belajar siswa tergolong baik karena masuk pada kategori nilai kriteria rapor yaitu 8, sedangkan dari hasil product moment menunjukkan adanya korelasi yang sangat tinggi antara penggunaan metode pumping student terhadap prestasi belajar siswa di MTs UMN Al-Washliyah Kecamatan Medan Amplas.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/514
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography226.72 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract87.35 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I.pdfChapter I413.82 kBAdobe PDFView/Open
Chapter II, III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter II, III, IV, V821.27 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.