Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/508
Title: EFEKTIVITAS PELAKSANAAN METODE DRILL PADA PROSES PEMBELAJARAN AL – QUR’AN HADIS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII STUDI KASUS MTS AL – IHYA TANJUNG GADING
Authors: TRISNAWATI, SITI
Issue Date: 20-Jan-2021
Publisher: Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU200165;
Abstract: Skripsi ini membahas mengenai Efektivitas pelaksanaan metode drill pada proses pembelajaran Al-Qur’an Hadis terhadap minat belajar siswa kelas VIII di MTs Al-Ihya Tanjung Gading. Penelitian ini berangkat dari adanya ketidaksesuaian dalam mengaplikasikan metode dalam pembelajaran. Penulis ingin mengetahui bagaimana efektivitas pelaksanaan metode drill pada proses pembelajaran Al- Qur’an Hadis terhadap minat belajar siswa di MTs Al-Ihya Tanjung Gading. Dengan ini penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode drill pada proses pembalajaran Al-Qur’an Hadis dengan minat belajar siswa di MTs Al-Ihya Tanjung Gading. Yang melatar belakangi peneliti mengangkat judul ini karena pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Al-Ihya Tanjung Gading masih menggunakan metode pembelajaran tradisional yakni metode ceramah, sehingga anak-anak merasa bosan dan jenuh dengan metode-metode tersebut. Melihat permasalahan tersebut peneliti tertarik mengambil judul ini dan menawarkan metode drill sebagai mana metode ini dianggap efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Al-Ihya Tanjung Gading. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan metode drill dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Al-Ihya Tanjung Gading. Bagaimana minat belajar siswa dalam pelaksanaan metode drill pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Al-Ihya Tanjung Gading. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil latar MTs Al-Ihya Tanjung Gading. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data ini adalah Kuantitatif. Berdasarkan penelitian maka dapatlah diketahui bahwa efektivitas pelaksanaan metode drill sebesar 58% terhadap minat belajar siswa, sedangkan sisanya sebesar 42% merupakan pengaruh dari luar penelitian ini terhadap motivasi belajar Al-Qur’an Hadis.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/508
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography1.33 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract1.33 MBAdobe PDFView/Open
Chapter I.pdfChapter I1.33 MBAdobe PDFView/Open
Chapter II, III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter II, III, IV, V1.35 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.