Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4399
Title: | ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI NASIONALISME PADA PEMBELAJARAN SEJARAH |
Authors: | Lubis, Mira Ardilla |
Keywords: | Integrasi, Nilai-nilai Nasionalisme, Pembelajaran Sejarah |
Issue Date: | 7-Feb-2025 |
Series/Report no.: | Uisu250467;71200511005 |
Abstract: | ABSTRAK ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENGINTEGRASIKAN NILAI NILAI NASIONALISME PADA PEMBELAJARAN SEJARAH Mira Ardilla Lubis Email : miraardilla601@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana strategi yang digunkan oleh guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai nasionalisme pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam, (2) Mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran sejaah dengan nilai-nilai nasionalisme di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam, (3) Mengetahui apa saja manfaat bagi peserta didik SMA Negeri 2 Lubuk Pakam dalam mempelajari Pelajaran sejarah dengan nilai-nilai nasonalisme, (4) Mengetahui apa saja hambatan-hambatan saat proses pembelajaran sejarah dengan nilai-nilai nasionalsme. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Data dan sumber data diperoleh dari informan, proses pembelajaran, dokumen seperti RPP atau Modul pembelajaran serta media pembelajaran yang digunakan di dalam kelas. Teknik pengumpulan data dilalui dengan tiga cara, yaitu : wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang dilakukan melalui tiga tahapan, yakni : reduksi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam meliputi : (1) Materi yang membahas tentang pengintegrasian nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran sejarah dapat dijumpai di dalam buku paket sebagai media pembelajaran di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam. (2) Proses pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan nilai-nilai nasionalisme juga sudah dilaksanakan dengan baik oleh guru pengampu mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam. (3) Manfaat yang di dapatkan oleh peserta didik juga sudah terlihat dari bagaimana interaksi yang mereka cerminkan ketika berada di lingkungan sekolah. (4) Hambatan-hambatan yang ditemukan oleh guru pada saat proses berlangsungnya pembelajaran juga dapat mereka hadapi dengan menggunakan strategi yang dapat menarik minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran di kelas, serta menggunakan pembelajran yang interaktif. Kata Kunci : Integrasi, Nilai-nilai Nasionalisme, Pembelajaran Sejarah. |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4399 |
Appears in Collections: | Pendidikan Sejarah |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography.pdf | 1.6 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract.pdf | 112.94 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II.pdf | 265.99 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V.pdf | 749.27 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.