Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4394
Title: ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI SEJARAH UNTUK MENGATASI KRISIS MORAL SISWA DI SMP NEGERI 2 TIMANG GAJAH
Authors: SELVIANA, ANITA
Keywords: Pendidikan karakter, Krisi Moral, Materi Sejarah
Character education, Moral Crisis, Historical Material
Issue Date: 7-Feb-2025
Series/Report no.: Uisu250462;71200511013
Abstract: ABSTRAK ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARN IPS MATERI SEJARAH UNTUK MENGATASI MORAL SISWA DI SMP NEGERI 2 TIMANG GAJAH Anita Selviana Email: 4n1t4selvi4n4@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pemanfaatan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS materi sejarah untuk mengatasi krisi moral siswa, (2) Mengetahui proses perencanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS materi sejarah untuk mengatasi krisi moral siswa, (3) Mengetahui proses pelaksanaan pendidikan karakter pada pembelajaran IPS materi sejarah untuk mengatasi krisis moral siswa, (4) Mengetahui kendala pelaksanaan pendidikan karakter pada pembelajaran IPS materi sejarah dalam mengatasi krisis moral siswa. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Data dan sumber data terdiri dari informan/narasumber, proses pembelajaran, dokumentasi seperti Silabus, RPP dan media pembelajaran serta fasilitas lainnya yang mendukung penelitian. Mengelola data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan model analisis triangulasi yang dilaksanakan melalui tiga tahapan, yakni : reduksi data, penyajian data, dan penarikan atau verifikasi (kesimpulan). Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS materi sejarah untuk mengatasi krisis moral siswa di SMP Negeri 2 Timang Gajah : (1) Pemanfaatan pendidikan karakter melalui pembelajaran IPS materi sejarah guru memanfaatkan berbagai metode dan pendekatan yang menekankan nilai-nilai moral seperti kejujuran, tanggung jawab, dan toleransi. Pendekatan ini membantu siswa untuk menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari, yang pada umum nya dapat membantu mengatasi krisis moral, (2) Perencanaan pendidikan karakter sudah efektif, karena sudah mempunyai pengalaman bertahun-tahun dalam mengajar, guru secara konsisten sudah mampu menyusun dan merencanakan pembelajaran dengan baik, (3) Dalam pelaksanaan pendidikan karakter guru mengaplikasikan berbagai metode pengajaran yang interaktif yang mendorong siswa untuk berperilaku sesuai dengan nilai-nilai moral yang diajarkan. melalui analisis tokoh-tokoh sejarah siswa diajak untuk meneladani dan mencontoh sikap tersebut, (4) kendala dalam pelaksanaan pendidikan karakter yaitu tidak semua siswa memiliki latar belakang dan pemahaman yang sama mengenai pentingnya nilai karakter, hal tersebut dapat di atasi karena adanya kerjasama seluruh pihak sekolah. Kata Kunci : Pendidikan karakter, Krisi Moral, Materi Sejarah
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4394
Appears in Collections:Pendidikan Sejarah

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography.pdf2.02 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract.pdf55.29 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II.pdf265.76 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V.pdf78.05 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.