Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4359
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorBR PURBA, YOSA AGREVINA-
dc.date.accessioned2025-02-05T07:25:34Z-
dc.date.available2025-02-05T07:25:34Z-
dc.date.issued2025-02-05-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4359-
dc.description.abstractABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran audio visual pada keterampilan menulis puisi melalui strategi pembelajaran think talk write (ttw) bagi siswa kelas x Sumber data pada penelitian ini berupa kuesioner. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develoment), dan Penyebaran (Dissemination). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif sebagai data utama yang terkumpul melalui instrument penelitian dengan menggunakan skala Likert, sedangkan data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran dari tim validator yaitu ahli materi dan ahli media/desain. Peneliti hanya menggunakan validasi kelayakan produk yang terdiri dari 4 ahli validator,. Penelitian ini dibatasi sampai pada tahap pengembangan(development). Berdasarkan hasil uji validitas terhadap media pembelajaran majalah sekolah melalui respon ahli validator materi diperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 76% dengan kriteria “sangat layak” dan ahli validator media/desain diperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 72% dengan kriteri “layak ”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual pada keterampilan menulis puisi valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Kata kunci: Penelitian Pengembangan 4D, Media Pembelajaran, audio visual,keterampilan menulis puisi,strategi pembelajaran think talk write (ttw).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseriesUisu250428;71170513050-
dc.subjectPenelitian Pengembangan 4D, Media Pembelajaran, audio visual,keterampilan menulis puisi,strategi pembelajaran think talk write (ttw)en_US
dc.subject4D Development Research, Learning Media, audio visual, poetry writing skills, think talk write (TTW) learning strategyen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) BAGI SISWA KELAS Xen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography.pdf434.69 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract.pdf153.47 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II.pdf424.93 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V.pdf766.97 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.