Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4297
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorADHANI S, FADILLAH-
dc.date.accessioned2025-02-04T07:40:27Z-
dc.date.available2025-02-04T07:40:27Z-
dc.date.issued2025-02-04-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4297-
dc.description.abstractTujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan kamus mini istilah teks prosedur sebagai sumber belajar alternatif pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI SMA Al-Washliyah 1 Medan. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research & Development (R&D) yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Al- Washliyah 1 Medan Tahun Pelajaran 2023/2024 yaitu sebanyak 54 orang siswa dengan sampel sebanyak 30 orang siswa. Berdasarkan hasil validasi ahli materi I dapat dikatagorikan “layak” adanya Revisi dengan skor penilaian 116 dan skor maksimal 150, dengan hasilnya persentase 77,33%. Hasil validasi ahli materi II dapat dikatagorikan “ layak” dengan adanya revisi dengan skor penilaian 117 dan skor maksimal 150 dengan hasil persentase 78%. Hasil penilaian ahli media I dikatogorikan “layak” dengan adanya revisi dengan skor 121 dan skor maksimal 150, dengan hasil persentase 80%. Hasil penilaian ahli media II dapat dikatagorikan “layak” dengan adanya revisi dengan skor penilaian 117 dan skor maksimal 150, dengan hasi persentase 78%. Hasil uji kelayakan pada guru bahasa Indonesia diperoleh rata-rata keseluruhan 92% dikategorikan “Sangat layak” dan hasil uji kelayakan pada siswa juga memberikan respon positif dan baik dengan nilai rata-rata sebesar 80,2% dengan katagori “layak” dan dapat diujicobakan. Penelitian mengujicobakan produk tersebut dalam kelompok sedang dan kecil. Hasil uji kelompok kecil mendapatkan persentase 82% dan uji kelompok sedang 83%. Dari semua persentase yang didapatkan untuk kamus mini istilah, maka sumber belajar alternatife dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XI. Kata Kunci : Kamus Mini, Teks Prosedur, Pembelajaran Bahasa Indonesiaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseriesUisu250415;71200513025-
dc.subjectKamus Mini, Teks Prosedur, Pembelajaran Bahasa Indonesiaen_US
dc.titlePENGEMBANGAN KAMUS MINI ISTILAH TEKS PROSEDUR SEBAGAI SUMBER BELAJAR ALTERNATIF PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA AL-WASHLIYAH 1 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography.pdf5.58 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract.pdf468.32 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I, II.pdfChapter I, II.pdf834.93 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter III, IV, V.pdf918.04 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.