Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4297
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | ADHANI S, FADILLAH | - |
dc.date.accessioned | 2025-02-04T07:40:27Z | - |
dc.date.available | 2025-02-04T07:40:27Z | - |
dc.date.issued | 2025-02-04 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4297 | - |
dc.description.abstract | Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan kamus mini istilah teks prosedur sebagai sumber belajar alternatif pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI SMA Al-Washliyah 1 Medan. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research & Development (R&D) yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Al- Washliyah 1 Medan Tahun Pelajaran 2023/2024 yaitu sebanyak 54 orang siswa dengan sampel sebanyak 30 orang siswa. Berdasarkan hasil validasi ahli materi I dapat dikatagorikan “layak” adanya Revisi dengan skor penilaian 116 dan skor maksimal 150, dengan hasilnya persentase 77,33%. Hasil validasi ahli materi II dapat dikatagorikan “ layak” dengan adanya revisi dengan skor penilaian 117 dan skor maksimal 150 dengan hasil persentase 78%. Hasil penilaian ahli media I dikatogorikan “layak” dengan adanya revisi dengan skor 121 dan skor maksimal 150, dengan hasil persentase 80%. Hasil penilaian ahli media II dapat dikatagorikan “layak” dengan adanya revisi dengan skor penilaian 117 dan skor maksimal 150, dengan hasi persentase 78%. Hasil uji kelayakan pada guru bahasa Indonesia diperoleh rata-rata keseluruhan 92% dikategorikan “Sangat layak” dan hasil uji kelayakan pada siswa juga memberikan respon positif dan baik dengan nilai rata-rata sebesar 80,2% dengan katagori “layak” dan dapat diujicobakan. Penelitian mengujicobakan produk tersebut dalam kelompok sedang dan kecil. Hasil uji kelompok kecil mendapatkan persentase 82% dan uji kelompok sedang 83%. Dari semua persentase yang didapatkan untuk kamus mini istilah, maka sumber belajar alternatife dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XI. Kata Kunci : Kamus Mini, Teks Prosedur, Pembelajaran Bahasa Indonesia | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Uisu250415;71200513025 | - |
dc.subject | Kamus Mini, Teks Prosedur, Pembelajaran Bahasa Indonesia | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN KAMUS MINI ISTILAH TEKS PROSEDUR SEBAGAI SUMBER BELAJAR ALTERNATIF PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA AL-WASHLIYAH 1 MEDAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography.pdf | 5.58 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract.pdf | 468.32 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I, II.pdf | Chapter I, II.pdf | 834.93 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III, IV, V.pdf Restricted Access | Chapter III, IV, V.pdf | 918.04 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.