Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3777
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorLESTARI, TANIA DWI CITRA-
dc.date.accessioned2024-09-06T04:54:45Z-
dc.date.available2024-09-06T04:54:45Z-
dc.date.issued2024-08-20-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3777-
dc.description.abstractABSTRAK Latar belakang : Terjadinya penyebaran kasuk COVID-19 membuat kehawatiran di masyarakat juga tatanan pemerintahan. Bagi pemerintah khususnya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan harus membuat penyesuaian proses belajar mengajar dengan memberlakukan pembelajaran secara daring. Adanya penyebaran virus COVID-19 di Indonesia dapat berdampak negatif pada masyarakat salah satunya stress. Setiap manusia pernah mengalami stres. Pembelajaran daring yang dilakukan selama masa pandemi COVID-19 memicu peningkatan stress pada mahasiswa. Tujuan : Mengetahui hubungan tingkat stres mahasiswa FK UISU Angkatan 2019 terhadap pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Metode : Penelitian menggunakan desain analitik dengan pendekatan cross sectional dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Hasil : Tidak terdapat hubungan usia (p=0,735) dan jenis kelamin (p=0,564) dengan tingkat stres pada mahasiswa FK UISU Angkatan 2019. Sedangkan Indeks Prestasi Kumulatif (p=0,000) dan pembelajaran daring (p=0,022) memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat stres pada mahasiswa FK UISU Angkatan 2019. Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan pembelajaran daring dan tingkat stres pada mahasiswa FK UISU Angkatan 2019. Saran : Bagi mahasiswa, terutama mahasiswa kedokteran, diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi masukan agar mahasiswa lebih memperhatikan kondisi stres yang dialami selama sistem pembelajaran pada era pandemi COVID- 19. Mahasiswa dengan kondisi tingkat stres berat dan sangat berat juga disarankan untuk melakukan konsultasi agar mahasiswa dapat beradaptasi dalam menghadapi situasi yang menyebabkan stres. Kata Kunci: COVID-19, Tingkat Stresen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Kedokteran, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseries;71200811044-
dc.subjectCOVID-19, Tingkat Stresen_US
dc.titleHUBUNGAN TINGKAT STRES MAHASISWA FK UISU TERHADAP PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Kedokteran

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography2.97 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract179.55 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II363.67 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V1.17 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.