Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3682
Title: | PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBANTUAN FLIPPINGBOOK PADA MATERI TEKS EKSPOSISI UNTUK MENINGKATKAN HOTS PADA KELAS X SMA |
Authors: | RAMADHANI, IRMA |
Keywords: | pengembagan, E-Modul, HOTS, teks eksposisi |
Issue Date: | 4-Sep-2024 |
Publisher: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | Uisu2403802;71190513031 |
Abstract: | PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBANTUAN FLIPPINGBOOK PADA MATERI TEKS EKSPOSISI UNTUK MENINGKATKAN HOTS PADA KELAS X SMA Irma Ramadhani Irmaramdhani38@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan produk E-Modul pembelajaran berbantuan flippingbook pada materi teks eksposisi untuk meningkatkan HOTS pada kelas X SMA N 19 Medan dan juga untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan terhadap pengembangan E-Modul pembelajaran yang dikembangkan. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA yang berjumlah 400 siswa. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas X-7 yang berjumlah 39 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunkan prosedur penelitian Model ADDIE, yaitu terdiri dari 5 tahap yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Sumber data pada penelitian ini yaitu kuantitatif yang diubah menjadi kualitatif. Penilaian validasi ahli materi I yaitu 74,66% dengan kriteria cukup layak, dari validasi ahli materi II yaitu 69,33% dengan kriteria cukup layak, sedangkan validasi ahli media I yaitu 88% dengan kriteria sangat layak, dari validasi ahli media II yaitu 73,33% dengan kriteria cukup layak. Penilaian angket respon guru Bahasa Indonesia yaitu 89,33% dengan kriteria sangat layak, penilaian angket respon peserta didik yaitu 85,12% dengan kriteria sangat efektif. Dari penilaian ahli materi, ahli media, respon guru Bahasa Indonesia dan respon peserta didik, maka E-Modul pembelajaran berbantuan flippingbook pada materi teks eksposisi untuk meningkatkan HOTS layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci : pengembagan, E-Modul, HOTS, teks eksposisi |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3682 |
Appears in Collections: | Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover,Bibliography.pdf | Cover,Bibliography.pdf | 575.1 kB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract.pdf | 308.36 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II.pdf | 1.05 MB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V.pdf | 1.58 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.