Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3390
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNINGSIH, SRI-
dc.date.accessioned2024-08-30T02:33:11Z-
dc.date.available2024-08-30T02:33:11Z-
dc.date.issued2024-08-20-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3390-
dc.description.abstractABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ASPEK KEBAHASAAN TEKS OBSERVASI BERBASIS APLIKASI POWTOON KELAS X MAS PROYEK UNIVA MEDAN Oleh : Sri Ningsih 71190513003 Srining2002@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kelayakan dan keefektivan produk media pembelajaran video pada materi Bahasa Indonesia “Teks Laporan Hasil Observasi”. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4D oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu define, design, development, dan dissemination. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang ditujukan kepada validator ahli materi dan ahli media pembelajaran, guru bahasa Indonesia serta sejumlah 23 siswa kelas X MIA1 MAS Proyek Univa Medan untuk mengetahui analisis kebutuhan siswa pada media pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam menghitung presentase indikator untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil validasi kelayakan media pembelajaran video berdasarkan penelian validasi oleh materi I diperoleh 88 % mendapatkan kriteria nilai “Sangat Layak”, hasil penilaian validasi materi II diperoleh 85% mendapatkan kriteria nilai “Sangat Layak”, hasil penilaian validasi media I diperoleh 92% mendapatkan kriteria nilai “Sangat Layak”, hasil penilaian validasi media II diperoleh 97% mendapatkan kriteria nilai “Sangat Layak” hasil penilian guru diperoleh 97% mendapatkan kriteria nilai “Sangat Layak” Uji pelaksanaan lapangan dengan 23 siswa kelas X MIA1 MAS Proyek Univa Medan diperoleh 88% mendapatkan kriteria nilai “Sangat Layak.Tahap hasil keefektifan bahan ajar teks ceramah berbantuan media kartu tema dilakukan dengan cara tes evaluasi pada lembar soal untuk dapat mengukur keefektifan media pembelajaran. Hasil dari evaluasi memperoleh kriteria nilai “Sangat Efektif” dengan presentase (93%). Kata Kunci : Penelitian pengembangan 4D, Media pembelajaran, Teks laporan hasil observasi, Media Videoen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseries;71190513003-
dc.subjectPenelitian pengembangan 4D, Media pembelajaran, Teks laporan hasil observasi, Media Videoen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ASPEK KEBAHASAAN TEKS OBSERVASI BERBASIS APLIKASI POWTOON KELAS X MAS PROYEK UNIVA MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography59.78 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract120.08 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II868.35 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V1.04 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.