Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3387
Title: | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PROSEDUR BERBASIS KULTUR SUMATERA UTARA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS XI SMK PAB 3 MEDAN |
Authors: | SUSILAWATI, RINI |
Keywords: | pengembangan bahan ajar, teks prosedur kultur Sumatera Utara, keterampilan menulis. |
Issue Date: | 20-Aug-2024 |
Publisher: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | ;71170513004 |
Abstract: | ABSTRAK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PROSEDUR BERBASIS KULTUR SUMATERA UTARA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS XI SMK PAB 3 MEDAN Rini Susilawati rinisusilawati198@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar teks prosedur berbasis kultur Sumatera Utara untuk melatih keterampilan menulis siswa kelas XI SMK PAB 3 Medan. Populasi penelitian ini berjumlah 46 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 17 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah angket dengan teknik pengumpulan data yang berupa observasi dan kuesioner. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan, Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Dissemination (Diseminasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar teks prosedur berbasis kultur Sumatera Utara siswa kelas XI SMK PAB 3 Medan mendapatkan kategori sangat layak. Penilaian terhadap tingkat kevalidan bahan ajar oleh ahli materi diperoleh rata-rata 73% dengan kualifikasi “valid”. Kemudian penilaian kevalidan oleh ahli desain diperoleh rata-rata 88% dengan kualifikasi “sangat valid”. Penelitian terhadap tingkat kelayakan bahan ajar teks prosedur oleh guru diperoleh rata-rata 92% dan siswa memberikan respon yang baik dan positif dengan menunjukkan nilai rata-rata sebesar 93%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar teks prosedur berbasis kultur Sumatera Utara untuk melatih keterampilan menulis siswa kelas XI SMK PAB 3 Medan sangat valid dan sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : pengembangan bahan ajar, teks prosedur kultur Sumatera Utara, keterampilan menulis. |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3387 |
Appears in Collections: | Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 363.78 kB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 210.31 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 574.12 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 1.71 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.