Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3385
Title: PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS HOTS PADA MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X DI SMA SWASTA AL-HIKMAH MEDAN
Authors: RAHAYU, RIKA
Keywords: pengembangan, LKPD, HOTS, teks laporan hasil observasi.
Issue Date: 20-Aug-2024
Publisher: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utara
Series/Report no.: ;71190513026
Abstract: ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD Berbasis HOTS Pada Materi Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X Di SMA Swasta Al-Hikmah Medan dan juga untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan terhadap pengembangan LKPD yang dikembangkan. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA dengan jumlah 176 siswa. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas X-3 yang berjumlah 34 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian 4-D (four-D) oleh Thiagaranjan. Namun penelitian ini dimodifikasi menjadi 3-D (three-D) dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Pengembangan 3-D (three-D) yaitu tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (development). Sumber data pada penelitian ini adalah angket dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan kuesioner. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu kuantitatif yang diubah menjadi kualitatif. Penilaian validasi ahli materi I yaitu 78,6 % dengan kriteria layak, dari validasi ahli materi II yaitu 84% dengan kriteria layak, sedangkan validasi ahli media I yaitu 92% dengan kriteria sangat layak, dari validasi ahli media II yaitu 88% dengan kriteria sangat layak. Penilaian angket respon guru bahasa Indonesia yaitu 89,3 % dengan kriteria sangat layak, penilaian angket respon peserta didik yaitu 90,88 % dengan kriteria sangat efektif, dan pencapaian hasil belajar siswa yaitu 85,47% dengan kriteria efektif. Dari penilaian ahli materi, ahli media, respon guru dan respon peserta didik, maka LKPD berbasis HOTS pada materi Teks Laporan Hasil Observasi layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci : pengembangan, LKPD, HOTS, teks laporan hasil observasi.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3385
Appears in Collections:Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography5.3 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract394.04 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II513.95 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V1.4 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.