Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3380
Title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MODUL INTERAKTIF PADA MATERI TEKS EKSPLANASI KELAS XI
Authors: LUBIS, NURAINDAH FERDIANI
Keywords: Media Pembelajaran, Modul Interaktif, Teks Eksplanasi
Issue Date: 20-Aug-2024
Publisher: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utara
Series/Report no.: ;71180513038
Abstract: ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MODUL INTERAKTIF PADA MATERI TEKS EKSPLANASI DI KELAS XI Nuraindah Ferdiani Lubis 71180513038 nferdianilubis@gmail.com Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan dan keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Modul Interaktif Pada Materi Teks Eksplanasi Untuk Siswa Kelas XI SMK. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research & Development) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Langkah yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft atau produk, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan, penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan, uji pelaksanaan lapangan, penyempurnaan produk akhir dan desiminasi dan implementasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 104 siswa, dan sampel penelitian sebanyak 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk hasil pengembangan dinyatakan “Sangat Layak” berdasarkan hasil penilaian ahli media I dengan presentase (87,4%) dan ahli media II mendapatkan kriteria “Sangat Layak” dengan presentase (90,8%); maka jumlah persentase dari ahli media I dan ahli media II dengan rata- rata skor (89,1%). Hasil penilaian ahli materi I mendapatkan kriteria nilai “Sangat Layak” dengan presentase (85%) dan ahli materi II mendapatkan kriteria nilai “Sangat Layak” dengan presentase (87,3%); maka jumlah persentase dari ahli materi I dan ahli materi II dengan rata- rata skor (86,1%). Hasil penilaian guru mendapatkan kriteria nilai “Sangat Layak” dengan presentase (94%). Uji pelaksanaan lapangan dengan 25 siswa kelas XI Perkantoran 1 SMK Al Washliyah Sukoharjo Medan mendapatkan kriteria nilai “Sangat Layak” dengan presentase (91,1%). Tahap hasil keefektifan media pembelajaran berbasis modul interaktif dilakukan dengan cara tes evaluasi pada lembar soal untuk dapat mengukur keefektifan media pembelajaran setelah penggunaan media pembelajaran. Hasil dari evaluasi memperoleh kriteria nilai “Sangat Baik” dengan presentase (88%). Kata Kunci: Media Pembelajaran, Modul Interaktif, Teks Eksplanasi
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3380
Appears in Collections:Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography2.03 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract84.43 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II1.26 MBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V1.13 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.