Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3372
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | INDRIASARI, MIRA | - |
dc.date.accessioned | 2024-08-29T08:38:15Z | - |
dc.date.available | 2024-08-29T08:38:15Z | - |
dc.date.issued | 2024-08-20 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3372 | - |
dc.description.abstract | ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan modul pembelajaran berbasis HOTS pada materi menulis teks eksplanasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data kuantitatif sebagai data utama dan data kualitatif sebagai data tambahan berupa saran dan masukan dari validator. Subjek pada penelitian ini meliputi validator ahli materi dan ahli media/desain. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model yang dikemukakan oleh Thiagarajan, yaitu model 4-D (define, design, develop, disseminate). Namun, penelitian ini hanya sampai pada tahap 3-D dan tidak sampai pada tahap penyebaran. Penulis tidak melibatkan uji kelompok kecil, melainkan hanya sampai tim ahli saja. Penilaian ahli materi diperoleh nilai rata-rata keseluruhan kelayakan materi sebesar 85% dengan kriteria “Sangat Memuaskan”, sehingga model tersebut layak dan revisi sesuai saran. Sementara itu, penilaian ahli desain diperoleh nilai rata-rata keseluruhan kelayakan desain modul sebesar 72% dengan kriteria “Memuaskan” sehingga modul tersebut layak dan valid sesuai revisi. Dapat ditarik kesimpulan bahwa modul menulis teks eksplanasi berbasis HOTS pada siswa kelas XI SMA valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Kata kunci: Penelitian Pengembangan 4-D, Modul, Pembelajaran Teks Eksplanasi, Higher Order Thinking Skill (HOTS) | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utara | en_US |
dc.relation.ispartofseries | ;71170513020 | - |
dc.subject | Penelitian Pengembangan 4-D, Modul, Pembelajaran Teks Eksplanasi, Higher Order Thinking Skill (HOTS) | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA SISWA KELAS XI SMA | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 228.15 kB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 73.3 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 349.24 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 516.26 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.