Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3368
Title: | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DALAM MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMK MUSDA PERBAUNGAN |
Authors: | PARWATI, JULIYA |
Keywords: | Pengembangan Berbantuan Media, Google Keep, Note Taking, Menulis Cerpen |
Issue Date: | 20-Aug-2024 |
Publisher: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | ;71190513001 |
Abstract: | ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dalam menulis cerpen pada siswa kelas XI SMK Musda Perbaungan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI TPM 1, TPM 2, TKRO 1, TKRO 2, TKRO 3, TBSM 1, TBSM 2, TBSM 3, TBSM 4, TKJ 1, TKJ 2, TKJ 3, TKJ 4, RPL 1, RPL 2 dengan jumlah siswa 481. Sampel Penelitian ini adalah siswa kelas kelas XI TKJ 1 yang berjumlah 32 siswa. Sumber data pada penelitian ini berupa angket dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan kuesioner. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) oleh Borg and Gall yang terdiri dari 7 tahap yaitu, tahap analisis kebutuhan, Perencanaan Media, Mengembangkan Produk awal, Uji coba kelompok kecil, Revisi Tahap awal, Uji coba kelompok besar dan Revisi akhir dan finalisasi produk. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbantuan note taking untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada kelas XI SMK Musda Perbaungan Mendapatkan katagori layak. Berdasarkan hasil penilaian ahli materi 1 mendapatkan kriteria nilai “Layak” dengan presentase (84%) dan ahli materi II mendapatkan kriteria nilai “Layak” dengan presentase (78%), hasil penelitian ahli media I mendapatkan kriteria nilai “Sangat Layak” dengan presentase (91%) dan ahli Media II mendapatkan kriteria nilai “Sangat Layak” dengan presentase (90%). Uji pelaksanaan lapangan dengan 32 siswa kelas XI TKJ 1 SMK Musda Perbaungan mendapatkan kriteria nilai “Layak” dengan presentase (84%). Tahap hasil keefektifan media pembelajaran berbantuan note taking dilakukan dengan cara tes menulis cerpen pada media note taking khususnya pada media google keep untuk mengukur keefektifan media pembelajaran. Hasil evaluasi menulis cerpen pada media pembelajaran memperoleh kriteria nilai “Efektif” dengan presentase (80,09%). Kata Kunci: Pengembangan Berbantuan Media, Google Keep, Note Taking, Menulis Cerpen. |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3368 |
Appears in Collections: | Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 8.04 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 121.68 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 852.02 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 761.41 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.