Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3364
Title: PENGEMBANGAN MODUL KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT BERMUATAN KESANTUNAN BERBAHASA DALAM MENINGKATKAN HOTS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS X SMA
Authors: SARI, INDAH PERMATA
Keywords: Pengembangan 4-D,Modul, Pembelajaran Teks Anekdot, Berbasis Problem Based Learning .HOTS.
Issue Date: 20-Aug-2024
Publisher: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utara
Series/Report no.: ;71170513036
Abstract: ABSTRAK PENGEMBANGAN MODUL KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT BERMUATAN KESANTUNAN BERBAHASA DALAM MENINGKATKAN HOTS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA Oleh Indah Permata Sari 71170513036 Indahpermatasari130223@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan kelayakan modul dengan bermuatan kesantunan berbahasa dalam meningkatkan HOTS Berbasis Problem Based Learning pada siswa kelas X SMA. Sumber data penelitian ini berupa kuesioner. Jenis data yang digunakan adalah data deskripsi kuantitatif sebagai data pokok yang terkumpul melalui instrument dengan skala likert. Responden dalam penelitian ini adalah ahli materi/bahasa dan ahli desain/media. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4-D oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu define, desin, development, dan dissemanition. Penelitian ini dibatasi pada tahap pengembangan (development). Penelitian ini hanya menggunakan tahap validasi oleh empat validator yaitu dua ahli materi dan dua ahli desain, karena situasi saat ini sedang terjadi pendemik covid-19 sehingga tidak dapat dilakukan untuk tahap penyebarluasan (dissemanition.). Respon ahli materi 1 terhadap bahan ajar berupa modul yang dikembangkan diperoleh 75% dengan kriteria “Baik” dan Respon ahli materi 2 terhadap bahan ajar berupa modul yang di kembangkan di peroleh 75% dengan kriteria “Baik”; artinya produk modul tersebut layak dan valid untuk digunakan. Sementara ahli desain 1 diperoleh 100% dengan kriteria “Sangat Baik” dan ahli desain 2 diperoleh 89% dengan kriteria “Sangat Baik”; artinya produk modul tersebut layak dan valid untuk digunakan. Kata Kunci : Pengembangan 4-D,Modul, Pembelajaran Teks Anekdot, Berbasis Problem Based Learning .HOTS.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3364
Appears in Collections:Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography270.32 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract166.51 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II321.9 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V526.46 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.