Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3299
Title: PERAN GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER NILAI DAN MORAL SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH TPI MEDAN
Authors: SIHOTANG, SYARIFAH ATMALIA
Keywords: Peran Guru, Pembentukan Karakter Nilai dan Moral.
Issue Date: 29-Aug-2024
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: Uisu2403503;71200211031
Abstract: PERAN GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER NILAI DAN MORAL SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH TPI MEDAN SYARIFAH ATMALIA SIHOTANG: 71200211031 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru kelas dalam pembentukan karakter nilai dan moral siswa. Berdasarkan hasil penelitian peran guru kelas dalam pembentukan karakter nilai dan moral siswa. dengan melaksanakan dua peran pendidik yaitu peranan guru sebagai pengajar dan peranan guru sebagai pembimbing. Dari keenam peranan pendidik yang diteliti yaitu sebagai peranan guru sebagai pengajar, peranan guru sebagai pembimbing, peranan guru sebagai evaluator, peranan guru sebagai model/contoh, dan peranan guru sebagai kreativitas. Penelitian ini dilakukan di sekolah Madrasah Aliyah TPI Medan.yang beralamat dijalan SM. Raja Medan, pada bulan maret 2023 sampai maret 2024, dimana popolasi dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas X dengan Metode pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi dengan mengumpulkan jawaban dari responden 31 siswa Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian regresi yang berdasarkan data diperoleh dan data yang yang telah diperhitungkan dari hasil penyebaran angket terdapat beberapa hasil iv diantaranya: Uji t (t-test)hasil perhitungan ini dibandingkan dengan t tabel dengan menggunakan tingkat kesalahan 0,05 (5 %), diperoleh nilai t hitung variabel aspek kognitif sebesar -3.846. Kemudian, t tabel menggunakan df n-2 dengan n adalah jumlah populasi, sehungga hasilnya yaitu 32 -2 = 30 dan dapat diperoleh Ttabel 1.67655. Jadi diperoleh Thitung ,Ttabel atau -3.846 < 167655 maka dapat diartikan bahwa H0 diterima. Artinya, Terdapat peran guru SKI (X) terhadap pembentukan karakter nilai dan moral (Y). Selanjutnya diperoleh nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel yaitu 14.794 > 2,07 (F tabel didapat dari F (k;n-k)= F (1;32) = 2,07) dan dengan tingkat signifikan dibawah 0,05 yaitu 0,000. Berdasarkan cara pengambilan keputusan uji simultan bahwa variabel peran guru (X) signifikan terhadap pembentukan karakter nilai dan moral siswa (Y). Sedangkan nilai koefisien determinasi (R square) seberapa 0,338 berarti dapat disimpulkan bahwa sebesar 33,8 ditentukan oleh peran guru pembentukan karakter nilai dan moral siswa Kata Kunci : Peran Guru, Pembentukan Karakter Nilai dan Moral.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3299
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography.pdf771.11 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract.pdf324.17 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II.pdf650.86 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V.pdf824.22 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.