Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3250
Title: | INTENSITAS PENAMBAHAN KOSA KATA DALAM BAHASA ARAB DALAM UPAYA PENINGKATAN BERKOMUNIKASI SISWA KELAS VIII DI MTs NURUL ISLAM INDONESIA MEDAN |
Authors: | IRHAM, NAVIS |
Keywords: | Penambahan Kosa Kata Bahasa Arab, Peningkatan Berkomunikasi. |
Issue Date: | 28-Aug-2024 |
Publisher: | Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | Uisu2403465;71190211114 |
Abstract: | INTENSITAS PENAMBAHAN KOSA KATA BAHASA ARAB DALAM UPAYA PENINGKATAN BERKOMUNIKASI SISWA KELAS VIII DI MTs NURUL ISLAM INDONESIA MEDAN NAVIS IRHAM NPM: 71190211114 Pada umumnya, sebagian besar siswa masih merasa bahwa bahasa Arab adalah bahasa asing yang sulit dipelajari sehingga pelajaran bahasa Arab dianggap sebagai momok. Suatu hal yang wajar apabila pengajar selalu berusaha dalam mengatasi kesulitan siswa tentang penguasaan bahasa Arab, sekalipun hanya mencetak siswa yang berkemampuan pasif. Tujuan penelitian ini adalah 1). Mengetahui metode mengajar guru dalam penambahan kosa kata Bahasa Arab dalam Upaya peningkatan berkomunikasi kelas VIII di MTs Nurul Islam Indonesia Medan. 2). Menganalisis peningkatan pada penambahan kosa kata Bahasa Arab dalam upaya peningkatan berkomunikasi kelas VIII di MTs Nurul Islam Indonesia. 3). Menganalisis faktor pendukung dan penghambat guru pada penambahan kosa kata Bahasa Arab dalam upaya peningkatan berkomunikasi Kelas VIII di MTs Nurul Islam Indonesia. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan deskriftif kualitatif. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kemampuan penambahan kosa kata bahasa arab siswa sebelum menggunakan metode tahsin berada pada kategori rendah dengan presentase sebesar 50% setelah menggunakan metode tahsin pada siklus pertama, kemampuan membaca kosa kata bahasa arab siswa mengalami peningkatan dengan presentase 65% dengan kategori sedang, dikarenakan nilai yang dicapai belum mencapai dengan hasil yang diinginkan dan terdapat beberapa kelemahan, maka dilanjutkan dengan siklus kedua, pada siklus ini kemampuan membaca kosa kata bahasa arab siswa mengalami peningkatan yang sangat baik dengan presentase 90% dengan kategori sangat tinggi. Kesimpulan dengan demikian setiap sekolah tidak terlepas dari pelaksanaan, kendala yang dihadapi dalam menerapkan pelaksanaan dan solusi terhadap kendala yang dihadapi. Kata Kunci: Penambahan Kosa Kata Bahasa Arab, Peningkatan Berkomunikasi. |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3250 |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography.pdf | 837.2 kB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract.pdf | 6.4 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II.pdf | 623.76 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V.pdf | 691.49 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.