Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2867
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | SIREGAR, AMARSYAH | - |
dc.date.accessioned | 2024-03-22T03:36:29Z | - |
dc.date.available | 2024-03-22T03:36:29Z | - |
dc.date.issued | 2024-03-20 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2867 | - |
dc.description.abstract | ABSTRAK Nama : NPM : Judul : STUDI KOMPARATIF METODE CERAMAH DAN METODE KISAH DALAM PELAJARAN SEJERAH KEBUDAYAAN ISLAM DI SMP IT DARUL MUQOMAH AL-KHOIRIYYAH SEI GLUGUR KECAMATAN PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG Metode ceramah pluas merupakan metode menjelaskan ditambah Tanya jawab dan diskusi, sedangkan metode qisah adalah metode menceritakan atau mengkisahkan. Upaya meningkatkan semangat dan minat belajar siswa perlu dibandingkan dengan metode lain. Adapun metode yang efektif menurut hemat penulis dalam pelajaran SKI adalah metode qisah karena metode ini guru menceritakan sejarah yang ada dalam materi pelajaran kemudian siswa disuruh untuk menceritakan kembali, sehingga apa yang diceritakan dapat melekat dalam pikiran siswa. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan metode Ceramah Plus dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa Di SMP IT Darul Muqomah Al-Khoiriyyah. Untuk mengetahui pelaksanaan metode Kisah dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa Di SMP IT Darul Muqomah Al-Khoiriyyah. Untuk mengetahui perbedaan minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa yang dibimbing menggunakan metode Ceramah Plus dan kisah di SMP IT Darul Muqomah AL-khoiriyyah. Metode penelitian ini adalah metode perbandingan dengan sampel 65 orang dan analisis statistic. Hasil penelitian ini adalah Pelaksanaan metode Ceramah Plus dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa Di SMP IT Darul Muqomah Al-Khoiriyyah adalah mengajarkan dengan menjelaskan dan menerangkan pembelajaran ditambah dengan Tanya jawab dan diskusi terhadap materi yang diajarkan. Pelaksanaan metode Kisah pada siswa adalah dengan menceritakan kisah dalam materi pelajaran kemudian siswa disuruh mengulang kisah tersebut dalam kelas atau di depan kelas. Perbandingan minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam di SMP IT Darul Muqomah Al-Khoiriyyah menunjukkan metode qisah lebih efektif dibanding metode ceramah plus dengan perbedaan 24,26% metode qisah dan 21,87% metode ceramah pluas. Kata Kunci : Metode Ceramah Plus dan Metode Qisah | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara | en_US |
dc.relation.ispartofseries | UISU240114;71190211140 | - |
dc.subject | Metode Ceramah Plus dan Metode Qisah | en_US |
dc.title | STUDI KOMPARATIF METODE CERAMAH PLUS DAN METODE KISAH DALAM PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI SMP IT DARUL MUQOMAH AL-KHOIRIYYAH SEI GLUGUR KECAMATAN PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 432.31 kB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 98.31 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 514.77 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 645.31 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.