Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2207
Title: PERAN GURU QUR’AN HADIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI NILAI SELF EFFICACY DAN KESETARAAN GENDER DI MADRASAH AL-WASHLIYAH 28 KABUPATEN SERDANG BEDAGAI
Authors: HARIYANI, SEKAR INDRI
Keywords: Al-Qur’an, Peran Guru Qur’an Hadis, Nilai self efficacy, Kesetaraan Gender
Issue Date: 22-Sep-2023
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU230546;71190211022
Abstract: ABSTRAK PERAN GURU QUR’AN HADIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI NILAI S E L F E F F I C A C Y D A N K E S E T A R A A N G E N D E R D I M A D R A S A H A L - W A S H L I Y A H 2 8 K AB UPAT EN S ERD ANG B ED AGA I Se ka r Ind ri Ha riy ani 71190211022 Al-Qur’an adalah kitab suci yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dalam lafaz Arab sebagai salah satu rahmat yang tiada taranya bagi alam semesta. Didalamnya terkumpul wahyu ilahi yang menjadi petunjuk, pedoman dan pelajaran bagi siapa yang mempercayai dan mengamalkannya. Membacanya bernilai ibadah dan mengamalkannya merupakan kewajiban yang diperintahkan dalam agama. Seorang muslim harus mampu membaca ayat-ayat Al-Qur’an dengan baik dan benar seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Berkenaan dengan kemampuan membaca Al-Qur’an, siswa berperan besar terhadap pentingnya kemampuan membaca Al-Qur’an. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian menyebarkan angket kerpada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan self-efficacy antara siswa laki-laki dan perempuan serta mendeskripsikan hubungan self-efficacy berdasarkan gender Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru AlQuran Hadis dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui nilai self efficacy dan kesetaraan gender di MTs al-Washliyah 28 Simpang Empat.Adapun hasil penelitian yang penulis peroleh ialah adanya peran nilai self efficacy dan kesetaraan gender dalam membaca Al-qur’an dan dapat disimpulkan maka nilai self efficacy terhadap kesetaraan gender dalam membaca Al-qur’an bahwa itu kuat. Kata Kunci: Al-Qur’an, Peran Guru Qur’an Hadis, Nilai self efficacy, Kesetaraan Gender
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2207
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography1.17 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract372.97 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II947.38 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V727.89 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.