Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2044
Title: | PENGARUH MODEL RECIPROCAL LEARNING MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA SWASTA NURUL AMALIYAH TAMORA |
Authors: | SYLVIA, DIAS |
Keywords: | Menulis teks negosiasi, Model reciprocal learning, video animasi. |
Issue Date: | 28-Feb-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | UISU230396; |
Abstract: | ABSTRAK PENGARUH MODEL RECIPROCAL LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA SWASTA NURUL AMALIYAH TAMORA Dias Sylvia 7115050015 Email : diassylviaa23@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model reciprocal learning dengan menggunakan video animasi terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2021/2022. Populasi penelitian ini seluruh kelas X SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa yang berjumlah 96 siswa. Sementara sampel yang diambil adalah sebanyak 64, kelas X-1 (eksperimen) dengan jumlah 32 siswa yaitu menggunakan model pembelajaran reciprocal learning dengan media video animasi dan dan kelas X-2 (kontrol) dengan jumlah 32 siswa yaitu menggunakan model eksplanasi dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekperimen dengan desain Two-group Post-tes Only Desain, dari distribusi data yang diperoleh, diketahui kelas X-1 (Eksperimen) memiliki ratarata 82,03 termasuk dalam kategori baik dengan standar deviasi sebesar 10,73, sementra kelas X-2 (Kontrol) memiliki rata-rata 62,81 termasuk dalam kategori cukup dengan standar deviasi 9,31. Berdasarkan uji normalitas, diketahui bahwa pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung= 0,11 dan Ltabel = 0,1568 dengan demikian, Lhitung< Ltabel yakni 0,11 < 0,1568, hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran dengan menggunakan media video animasi berdistribusi normal. Pada kelas kontrol diperoleh Lhitung= 0,11 dan Ltabel = 0,1568 dengan demikian, Lhitung< Ltabel yakni 0,11 < 0,1568, hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menulis teks negosiasi tanpa menggunakan media video animasi berdistribusi normal. Berdasarkan homogenitas maka didapat Fhitung = 1,05 dan Ftabel = 3,99, jadi Fhitung < Ftabel atau 1,05 < 3,99 maka Ha diterima. Nilai t ≈ 10,16 dan ttabel = 1,67 maka thitung > t(1−α) yaitu 10,16 > 1,67 maka H0 ditolak dan Ha diterima dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks negosiasi lebih berpengaruh dengan menggunakan video animasi, dibandingkan tanpa menggunakan video animasi pada kelas X SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2021/2022. Kata kunci: Menulis teks negosiasi, Model reciprocal learning, video animasi. |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2044 |
Appears in Collections: | Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 5.87 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 515.69 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 436.48 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 449.86 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.