Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2044
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSYLVIA, DIAS-
dc.date.accessioned2023-02-28T04:24:13Z-
dc.date.available2023-02-28T04:24:13Z-
dc.date.issued2023-02-28-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2044-
dc.description.abstractABSTRAK PENGARUH MODEL RECIPROCAL LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA SWASTA NURUL AMALIYAH TAMORA Dias Sylvia 7115050015 Email : diassylviaa23@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model reciprocal learning dengan menggunakan video animasi terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2021/2022. Populasi penelitian ini seluruh kelas X SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa yang berjumlah 96 siswa. Sementara sampel yang diambil adalah sebanyak 64, kelas X-1 (eksperimen) dengan jumlah 32 siswa yaitu menggunakan model pembelajaran reciprocal learning dengan media video animasi dan dan kelas X-2 (kontrol) dengan jumlah 32 siswa yaitu menggunakan model eksplanasi dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekperimen dengan desain Two-group Post-tes Only Desain, dari distribusi data yang diperoleh, diketahui kelas X-1 (Eksperimen) memiliki ratarata 82,03 termasuk dalam kategori baik dengan standar deviasi sebesar 10,73, sementra kelas X-2 (Kontrol) memiliki rata-rata 62,81 termasuk dalam kategori cukup dengan standar deviasi 9,31. Berdasarkan uji normalitas, diketahui bahwa pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung= 0,11 dan Ltabel = 0,1568 dengan demikian, Lhitung< Ltabel yakni 0,11 < 0,1568, hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran dengan menggunakan media video animasi berdistribusi normal. Pada kelas kontrol diperoleh Lhitung= 0,11 dan Ltabel = 0,1568 dengan demikian, Lhitung< Ltabel yakni 0,11 < 0,1568, hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menulis teks negosiasi tanpa menggunakan media video animasi berdistribusi normal. Berdasarkan homogenitas maka didapat Fhitung = 1,05 dan Ftabel = 3,99, jadi Fhitung < Ftabel atau 1,05 < 3,99 maka Ha diterima. Nilai t ≈ 10,16 dan ttabel = 1,67 maka thitung > t(1−α) yaitu 10,16 > 1,67 maka H0 ditolak dan Ha diterima dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks negosiasi lebih berpengaruh dengan menggunakan video animasi, dibandingkan tanpa menggunakan video animasi pada kelas X SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2021/2022. Kata kunci: Menulis teks negosiasi, Model reciprocal learning, video animasi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUISU230396;-
dc.subjectMenulis teks negosiasi, Model reciprocal learning, video animasi.en_US
dc.titlePENGARUH MODEL RECIPROCAL LEARNING MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA SWASTA NURUL AMALIYAH TAMORAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography5.87 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract515.69 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II436.48 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V449.86 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.