Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1714
Title: P E L A K S A N A A N B L E N D E D L E A R N I N G D A L A M P E MBEL A JA R AN P E ND ID IK A N AGA M A IS LA M P A DA SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 2 SINGINGI HILIR, DESA BERINGIN JAYA, KECAMATAN SINGINGI HILIR, KABUPATEN KUANTAN SINGINGI, PROVINSI RIAU
Authors: liani, Delpitri
Keywords: penerapan blended learning, model pembelajaran blended
Issue Date: 1-Feb-2023
Publisher: Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU230126;
Abstract: ABSTRAK Liani, delpitri. 2022. Penerapan bembelajaran blended learning pada masa pandemi covid-19 di SMA NEGERI 2 SINGINGI HILIR tahun pelajaran 2021-2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan agama islam, fakultas agama islam, universitas islam sumatera utara. Pembimbing I (Drs.H.Zulkarnaen Guchi,MA), pembimbing II (Parlaungan Lubis S.Pd.I.,MA) Dunia mengalami goncangan yaitu adanya virus Covid-19 yang memakan banyak korban sehingga hampir melumpuhkan semua kegiatan di segala sektor, mulai dari ekonomi, kesehatan, hingga pendidikan. Menimbang dengan adanya kejadian seperti ini pemerintah memutuskan untuk mengintruksikan penerapan sistem pembelajaran berbasis online yang serentak dilakukan seluruh lembaga pendidikan di Indonesia. Hal ini tak terkecuali di SMA NEGERI 2 SINGINGI HILIR yang menerapkan pembelajaran dengan model pembelajaran blended learning. Pemilihan model pembelajaran ini merupakan salah satu keputusan yang diambil sebab melihat situasi dan kondisi yang sesuai dengan model pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran blended learning, (2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran blended learning, (3) Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran menggunakan model pembelajaan blended learning. Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dirancang dengan teknik tes, observasi dan dokumentasi, dilaksanakan di SMA NEGERI 2 SINGINGI HILIR. Analisis data hasil penelitian diperoleh dari proses mencari dan menyususun secara sistematis, data yang diperoleh dari hasil menyebar angket dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data diketahui hasil penelitian bahwa penerapan pembelajaran blended learning meliputi tiga proses yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. (1) Pada tahap perencanaan pada penerapan pembelajaran blended learning di SMA NEGERI 2 SINGINGI HILIR berupa: menentukan aplikasi pembelajaran yang menggunakan whatsapp dan google classroom, pendataan kondisi dan nomor telepon siswa dengan membuat grup whatsapp, menyiapkan RPP, menyiapkan bahan materi, menentukan media pembelajaran. (2) Pada tahap pelaksanaan pembelajaran blended learning di SMA NEGERI 2 SINGINGI HILIR antara lain: kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup pembelajaaran. Kegiatan pendahuluan berupa salam, pembiasaan, dan pengisian absen melalui list nama yang dibuat guru. kegiatan inti berupa penyampaian materi dan sesi tanya jawab. Kegiatadan penutup berisikan ke simpulan dan penugasan. (3) Pada tahap evaluasi pembelajaran blended learning di SMA NEGERI 2 SINGINGI HILIR yaitu: a. berisikan penilaian yang digunakan, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. Penilaian pengetahuan dilihan dari hasil tugas soal, penilaian keterampilan dilihat dari video praktek yang dikirim pada pendidik. b. dampak positif dan dampak negative pembelajaran. dampak positif seperti guru belajar lebih dalam mengenai teknologi i informatika. Dampak negatif seperti kurangnya paham siswa mengenai materi pembelajaran yang diberikan. Kata kunci : penerapan blended learning, model pembelajaran blended learning, penilaian penerapan pembelajaran.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1714
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography1.11 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract62.49 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I, II355.74 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V301.57 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.