Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1249
Title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PROSEDUR BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HOTS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BADAR TAHUN PEMBELAJARAN 2021-2022
Authors: SANTRIANA, SANTRIANA
Keywords: Electronic Module, Procedure Text, Fly Book
Modul Elektronik, Teks Prosedur, Flif Book.
Issue Date: 13-Oct-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU220110;
Abstract: Penelitian pengembangan ini bertujuan 1). Mengetahui kelayakan bahan ajar modul elektronik berbasis flif bookkelas X SMA.Oleh S. Thiagarajan metode penelitian 4 –D (four D).langkah pengembangan yang dilakukan oleh peneliti adalah 1). Tahap pendefinisian (define) 2). Tahap perancangan (desing), 3). Tahap pengembangan (develomen), dan 4). Tahap penyebaran (disseminate). Sumber data pada penelitian ini berupa kuesioner. Adapun jenis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah data deskripsi kuantitatif sebagai data pokok yang terkumpul melalui instrumen dengan skala likert. Responden dalam penelitian ini adalah ahli materi/bahasa, ahli desain dan ahli media. Peneliti mennggunakan tahap validasi oleh empat validator ahli, sehingga dapat diuji coba secara terbatas, dilakukan untuk tahap penyebarluasan (dissemanition). Respon ahli materi terhadap bahan ajar berupa modul yang dikembangkan diperoleh rata rata keseluruhan aspek materi 83% dengan kriteria “sangat memuaskan” artinya produk layak dan valid untuk diuji kelompok kecil dan kelompok besar. Sementara ahli desain diperoleh rata-rata keseluruhan aspek desain 98% dengan kriteria “sangat memuaskan” artinya produk layak dan valid untuk diuji cobakan oleh kelompok kecil dan kelompok besar. Dan untuk ahli media diperoleh rata rata keseluruhan aspek media flifbook 93% dengan kriteria “sangat memuaskan” artinya media layak dan valid untuk diuji coba kelompok kecil dan kelompok besar.Dalam tahap diseminasi penulis memperoleh nilai diseminasi melalui responden siswa sebanyak 25 orang. Setiap responden memberikan nilai nya melalui kuesioner yang penulis sebar. Hasil dari tiap tiap mereka dikumpulkan dan dianalisis sehingga memperoleh nilai yang baik secara keseluruhan 85%, dapat disimpulkan bahwa modul teks prosedur bermediakan e-modul flipbook ini memiliki nilai yang baik sehingga layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam melakukan proses belajar mengajar untuk materi teks prosedur.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1249
Appears in Collections:Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography1.93 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract83.84 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I, II.pdfChapter I, II234.03 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter III, IV, V1.75 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.