Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1236
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | BATUBARA, MEIDIANA | - |
dc.date.accessioned | 2022-10-13T07:12:19Z | - |
dc.date.available | 2022-10-13T07:12:19Z | - |
dc.date.issued | 2022-10-13 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1236 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan kelayakan media pembelajaran animasi berbasis animaker kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Medan. Sumber data pada penelitian ini berupa kuesioner. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara untuk mencari data mengenai pembelajaran struktur teks negosiasi. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) oleh Thiagajaran yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu, tahap pendefinisian, tahap perancangan, pengembangan dan penyebaran. Validasi ahli materiterhadap media pembelajaran animasi berbasis animaker yang dikembangkan diperoleh rata-rata keseluruhan 78% dengan kriteria “Memuaskan” artinya produk layak untuk diuji. Sementara ahli media diperoleh rata-rata keseluruhan 98% dengan kriteria “Sangat Memuaskan” artinya produk layak untuk diuji cobakan kedalam kelompok besar dan kecil. Peneliti mengujicobakan produk tersebut dalam kelompok besar dan kecil. Hasil uji kelompok kecil pada kelas X IPA diperoleh 90% dan uji kelompok kecil kelas X IPS diperoleh 80%. Kemudian untuk hasil persentase angket respon siswa berupa uji kelompok besar yaitu pada kelas X IPA diperoleh 94% dan pada kelas X IPS diperoleh 90%. Dari semua persentase yang didapatkan untuk media pembelajaran yang dikembangkan, maka media pembelajaran dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas X IPA | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara | en_US |
dc.relation.ispartofseries | UISU220102; | - |
dc.subject | 4D Development Model, Learning Media, Animaker-based Animation, Negotiation Text | en_US |
dc.subject | Model Pengembangan 4D, Media Pembelajaran, Animasi berbasis Animaker, Teks Negosiasi | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS ANIMAKER DALAM STRUKTUR TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMAS NURUL ISLAM INDONESIA MEDAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 1.33 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 424.89 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I, II.pdf | Chapter I, II | 1.05 MB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III, IV, V.pdf Restricted Access | Chapter III, IV, V | 2.48 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.