Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1231
Title: | PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA BERBASIS HOTS SISWA SMA KELAS XI |
Authors: | FADILLA, FANNY |
Keywords: | Pengembangan, Video Animasi, Menulis Naskah Drama, HOTS |
Issue Date: | 12-Oct-2022 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | UISU220097; |
Abstract: | Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini mengembangkan video animasi pembelajaran menulis naskah drama berbasis HOTS, model penelitian pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model penelitian pengembangan Richey and Klein, yaitu PPE (Planning, Production, dan Evaluation) yang disederhanakan menjadi PP (Planning dan Production). Uji validasi dilakukan oleh empat orang ahli, yaitu dua ahli materi dan dua ahli media/desain. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi berbentuk angket menggunakan skala likert dalam bentuk checklist yang terdapat empat macam jawaban dalam setiap butir pertanyaan yang diberikan kepada ahli materi dan ahli media/desain. Data yang diperoleh dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif. Analisis data persentase dilakukan untuk mengetahui persentase kelayakan produk pada video animasi pembelajaran. Persentase hasil validasi materi dan media/desain menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan pada penelitian ini dikatakan layak melalui penilaian para ahli tersebut. Adapun kelayakan kualitas materi dan media/desain dari pengembangan produk ini adalah 82% dari ahli materi I dengan kategori sangat layak, 75% dari ahli materi II dengan kategori layak, 77% dari ahli media/desain I dengan kategori sangat layak, dan 100% dari ahli media/desain II dengan kategori sangat layak. Jadi, segi materi dan media/desain ataupun secara keseluruhan video animasi pembelajaran menulis naskah drama berbasis HOTS pada penelitian ini dikatakan sangat layak di uji cobakan pada kelompok kecil dan kelompok besar agar dapat digunakan siswa SMA kelas XI. |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1231 |
Appears in Collections: | Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 5.68 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 243.08 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I.pdf | Chapter I | 95.09 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter II, III, IV, V.pdf Restricted Access | Chapter II, III, IV, V | 3.23 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.