Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1229
Title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERBANTUAN VIDEO SISWA KELAS X MASAL-MANAR MEDAN
Authors: SAUZAN, ATIKA
Keywords: 4-D development research, learning media, Observation report test, video media
Penelitian pengembangan 4-D, Media pembelajaran, Tes laporan hasil observasi, Media video
Issue Date: 12-Oct-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU220095;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan produk media pembelajaran video pada materi Bahasa Indonesia “Teks Laporan Hasil Observasi.” Penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4-D oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu define, design, development, dan dessemanition. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang ditujukan kepada validator ahli materi dan ahli desain/media pembelajaran serta sejumlah 25 siswa kelas X MAS AL-MANAR Medan jurusan IPA untuk mengetahui analisis kebutuhan siswa pada bahan ajar dan media pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam menghitung persentase indikator untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil validasi kelayakan media pembelajaran video berdasarkan penilaian validasi oleh ahli materi terhadap video diperoleh 80% atau “sangat memuaskan” artinya produk layak dan valid untuk diuji kelompok kecil dan kelompok besar. Sementara ahli media diperoleh rata-rata keseluruhan aspek media 95% atau kriteria “sangat memuaskan” artinya produk layak dan valid untuk diuji cobakan oleh kelompok kecil dan kelompok besar.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1229
Appears in Collections:Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography346.98 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract108.43 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I, II.pdfChapter I, II837.77 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter III, IV, V1.1 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.