Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/602
Title: PENGARUH MODEL CONCEPT SENTENCE DENGAN BANTUAN VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMAN 13 MEDAN
Authors: SYAFITRI, AISYAH
Keywords: Concept Sentence , video, menulis, cerita pendek
Concept Sentence, video, writing, short stories.
Issue Date: 6-Feb-2021
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU200250;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Concept Sentence dengan bantuan video terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMAN 13 Medan tahun pembelajaran 2019/2020 dengan jumlah populasi sebanyak 408 orang . Sementara sampel penelitian yang diambil adalah random sampling, kelas yang dijadikan sampel adalah kelas XI MIA-4 dengan jumlah 35 orang dan XI MIA-7 dengan jumlah 36 orang, yakni membandingkan dua kelas dimana kelas XI MIA-4 sebagai kelas Eksperimen (X) menggunakan model pembelajaran Concept Sentence dengan bantuan video dan kelas XI MIA-7 sebagai kelas kontrol (Y) menggunakan model pembelajaran Critical Incident dengan bantuan video. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen. Dari distribusi data diketahui kelas Eksperimen (X) memiliki rata-rata 81,14 dengan standar deviasi sebesar 9,87 sementara kelas Kontrol (Y) memiliki rata-rata 68,88 dengan standar deviasi sebesar 9,50. Berdasarkan perhitungan uji normalitas, diketahui bahwa pada kelas Eksperimen (X) diperoleh harga 𝐿𝑕𝑖𝑑𝑒𝑛𝑔 = 0,129804 dan πΏπ‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ = 0,149915 ternyata 𝐿𝑕𝑖𝑑𝑒𝑛𝑔 < πΏπ‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ (0,129804 < 0,149915) ini membuktikan bahwa data variabel X berdistribusi normal. Pada kelas Kontrol (Y) diperoleh harga 𝐿𝑕𝑖𝑑𝑒𝑛𝑔 = 0,13074 dan πΏπ‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ = 0,147667 ternyata 𝐿𝑕𝑖𝑑𝑒𝑛𝑔 < πΏπ‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ (0,13074 < 0,147667) ini membuktikan bahwa data variabel Y berdistribusi normal. Berdasarkan Homogenitas yang telah dilakukan, maka didapat 𝐹𝑕𝑖𝑑𝑒𝑛𝑔=1,05 dan πΉπ‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ = 3,98. Jadi 𝐹𝑕𝑖𝑑𝑒𝑛𝑔 < πΉπ‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ yakni (1,05 < 3,98) . Hal ini membuktikan bahwa sampel peneliti berasal dari populasi yang homogen. Nilai π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ =1,66 dengan 𝑑𝑕𝑖𝑑𝑒𝑛𝑔 = 6,81. Maka hipotesis alternatif (Ha) diterima, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Concept Sentence dengan bantuan video berpengauh signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/602
Appears in Collections:Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography6.31 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract314.88 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I.pdfChapter I181.24 kBAdobe PDFView/Open
Chapter II, III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter II, III, IV, V989.76 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.