Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/497
Title: PENGARUH TES FORMATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH PEMBANGUNAN DIDIKAN ISLAM PADANG BULAN MEDAN BARU PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Authors: BERUTU, ABDULLATIP
Issue Date: 20-Jan-2021
Publisher: Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU200155;
Abstract: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai tes formatif mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, tingkat motivasi belajar Pendidikan Agama Islam, dan pengaruh tes formatif terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pembangunan Didikan Islam Kecamatan Medan Baru tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 40 siswa. Seluruh populasi ini ditetapkan sebagai sampel penelitian. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif teknik analisis korelasi melalui uji regresi linear dengan alat pengumpul data studi dokumentasi berupa nilai rapor Pendidikan Agama Islam yang diperoleh dari Buku Daftar Kumpulan Nilai semester berjalan dan angket pelaksanaan tes formatif. Untuk mengetahui pengaruh tes formatif terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam, maka dilakukan perhitungan menggunakan analisis linearitas regresi sederhana. Sedangkan untuk menguji hipotesis menggunakan rumus uji t. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa rata-rata nilai tes formatif mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah 73,38 dalam kategori B (baik). Rata-rata nilai tingkat motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa adalah 80,85 dalam kategori A (baik sekali). Pengaruh tes formatif terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pembangunan Didikan Islam Kecamatan Medan Baru adalah sebesar 37,8%. Pelaksanaan tes formatif menghasilkan koefisien arah b = 0,46 yang berarti setiap kenaikan variabel pelaksanaan tes formatif sebesar satu satuan maka tingkat motivasi berlajar Pendidikan Agama Islam akan mengalami kenaikan sebesar 0,46. Koefisien regresi bernilai positif, artinya terjadi hubungan positif antara tes formatif dengan motivasi belajar siswa, artinya semakin rutin guru memberikan tes formatif maka akan semakin tinggi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/497
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography740.35 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract737.55 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I.pdfChapter I741.31 kBAdobe PDFView/Open
Chapter II, III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter II, III, IV, V753.16 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.