Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2864
Title: UPAYA GURU BIDANG STUDI AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KENDALI DIRI SISWA MADRASAH ALIYAH ZAKIYUN NAJAH KECAMATAN SEI RAMPAH KABUPATEN SERDANG BEDAGAI
Authors: LUTHFI, AHMAD
Keywords: Upaya Guru, Kendali Diri, Siswa
Issue Date: 20-Mar-2024
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU240111;71190211149
Abstract: ABSTRAK UPAYA GURU BIDANG STUDI AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KENDALI DIRI SISWA MADRASAH ALIYAH ZAKIYUN NAJAH KECAMATAN SEI RAMPAH KABUPATEN SERDANG BEDAGAI AHMAD LUTHFI NPM 71190211149 Di era Milenial ini masyarakat Indonesia mengalami perkembangan yang sangat cepat. Era milenial memberikan dampak positif dan negatif pada kehidupan manusia, terutama para remaja. Remaja sebagai harapan bangsa harus benar-benar memanfaatkan perubahan zaman agar tidak terbawa arus negatif. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Akhir (SLTA/Sederajat) yang berada pada fase remaja sedang mencari jati diri. Hal ini memerlukan upaya pengendalian diri agar siswa tidak berperilaku menyimpang. Fokus masalah yang diambil oleh peneliti adalah: 1) Bagaimana Upaya guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan kendali diri siswa Madrasah Aliyah Zakiyun Najah; 2) Apa saja Faktor penghambat & pendukung Guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan Kendali diri siswa di Madrasah Aliyah Swasta Zakiyun Najah, Sei Rampah ; 3)Bagaimana Langkah-langkah dalam membina kendali diri Siswa Madrasah Aliyah Zakiyun Najah. Adapun tujuannya adalah: Untuk mengetahui upaya guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan, kontrol perilaku, faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kontrol diri siswa, serta bagaimana langkah-langkah membina kendali diri siswa di Madrasah Aliyah Zakiyun Najah. Skripsi ini membahas tentang Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kendali diri pada siswa. Masalah pokok yang dikemukakan adalah sejauh mana Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kendali Diri siswa Madrasah Aliyah Zakiyun Najah. Untuk menjawab permasalahan tersebut diatas, maka penulis menggunakan metode kualitatif yakni penelitian dimana peneliti turun langsung kelokasi penelitian untuk memperoleh data yang kongkrit yang ada hubungannya dengan Judul penelitian. Hasil wawancara dari Kepala Sekolah, Guru Akidah Akhlak dan Peserta didik dari Madrasah Aliyah Zakiyun Najah memberkan informasi bahwa Self control sangat penting karena hal tersebut merupakan bentuk bantuan yang diberikan kepada peserta didik, siswa akan tahu cara mengontrol diri dengan baik dan paham akan bahaya jika tidak dapat mengontrol diri akan membuat siswa kasar sesama teman yang mengakibatkan perkelahian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan kontrol diri siswa berhasil dilakukan melalui: 1) Pembiasaan kegiatan positif disekolah seperti melalui kontrol perilaku dilakukan dengan pembiasaan shalat dhuha, shalat dhuhur berjamaah, santunan anak yatim dan penerapan akhlakul karimah;2) Pendukung dari Orangtua yang merupakan peran penting dalam pengendalian diri siswa karena lingkungan yang mendukung, peraturan yang ditegakkan, dan kerjasama antar guru; 3) Menerapkan Reward & Punishment berupa BKS (Buku Kendali Siswa), Reward dilakukan dengan memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi sebagai motivasi untuk terus menjadi yang lebih baik, sedangkan Punishment memberikan hukuman bagi siswa yang melakukan pelanggaran atau kejahatan disekolah. Dengan itu, siswa juga akan tahu bagaimana cara mengontrol diri yang baik untuk dirinya sendiri atau kepada setiap sesama, baik itu kepada orang yang lebih tua, sebayanya serta orang yang lebih mudah darinya.namun setelah penulis mengolah data yang ada, maka hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari guru yang ada di Madrasah Aliyah Zakiyun Najah berhasil menanamkan kendali diri pada peserta didiknya yang berjumlah 136 orang dimana di kelas X berjumlah 58 orang dan kelas XI 40 orang dan I kelas XII ada 38 orang. Meskipun tidak semua siswa mampu menerapkannya mengingat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hal tersebut namun itu tak lantas membuat guru di Madrasah Aliyah Zakiyun Najah untuk menyerah justru hal itu membuat guru yang ada di sana selalu mengupayakan bagaimana self control pada peserta didiknya tersalurkan dengan baik melalui pendekatan secara khusus. Kata Kunci: Upaya Guru, Kendali Diri, Siswa.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2864
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography1.39 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract9.03 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II303.02 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V158.45 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.