Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2863
Title: KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT HASAN AL-BANNA
Authors: SANTOSO, AHMAD HIDAYAT
Keywords: Konsep Pendidikan Menurut Hasan Al-Banna
Issue Date: 20-Mar-2024
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU240110;71190211047
Abstract: ABSTRAK Nama : AHMAD HIDAYAT SANTOSO, NPM : 71190211047, Judul KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT HASAN AL-BANNA Dalam penilaian, banyak orang yang meragukan kredibilitas Imam Hasan Al-Banna dalam pemikiran-pemikiran pendidikan islam disebabkan kurang mengenal sosok Imam Hasan Al-Banna secara utuh. Keutuhan pribadinya dapat dilihat dari karya-karyanya. Gambaran pribadinya dapat dilihat dari konsistensinya dalam sebuah organisasi yang didirikan yang bernama Ikwanul Muslimin didalam organisasi tersebut Imam Hasan Al-Banna menjadi seorang Mursyid untuk para kadernya yang mengajarkan nilai-nilai Islam. Dalam mengajarkan kepada para Mujahid terdapat konsep pendidikan islamyang digagas oleh Imam Hasan Al-Banna dalam sebuah karya yang berjudul Risalatut Ta’aalim atau biasa dikenal diindonesia sebagai Risalah Ta’aalim. Sehingga memunculkan sebuah pertanyaan bagaimana Konsep Pendidikan Islam Menurut Hasan AlBanna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan islam menurut Hasan Al- Banna dalam kitab “Risalatut Ta’aalim”, untuk mengetahui biografi Hasan Al-Banna, dan juga untuk mengetahui pemikiran Hasan Al-Banna tentang pendidikan islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang tekhnik analisis datanya menggunakan analisis isi. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan dokumen atau buku yang ditulis oleh Hasan Al-Banna yang sudah diterjemakhkan dan buku karya orang lain yang menuliskan tentang pemikiran Hasan Al-Banna. Dari hasil penelitian ini, konsep pendidikan menurut Hasan Al-Banna meliputi pengertian pendidikan islam merupakan sebagai proses pengembangan segala potensi yang dimiliki manusia baik kembali pada Al-Quran dan As-Sunnah, dasar-dasar pendidikan islam bersumber pada Al-Quran dan Hadist, tujuan pendidikan islam Imam Hasan Al-Banna adalah keikhlasan karena tujuan tertinggi seperti selogan beliau “Allah dalah tujuan kami”, materi pendidikan islam meliputi dua aspek penting yaitu ketauhidan dan keuniversalan dan integral, metode pendidikan selaras dengan konsep manusia sebagai khalifah Allah sehingga metodenya bertumpu pada metode Qur’ani, hubungan pendidik dan peserta didik harus harmonisdan masing-masing menjalankan tugas dan kewajibannya dengan komitmen yang tinggi, dan setiap proses harus dillihat dampak yang terjadi sehingga dapat dilakukan hal-hal yang senada dengan itu agar apa yang menjadi tujuan utama dapat tercapai dengan baik. Kata Kunci: Konsep Pendidikan Menurut Hasan Al-Banna
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2863
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography660.11 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract510.55 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II977.16 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V823.97 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.