Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2514
Title: HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KIPI (KEJADIAN IKUTAN PASCA IMUNISASI) SETELAH VAKSIN DENGAN KESEDIAAN MELAKUKAN VAKSIN DOSIS KETIGA PADA MAHASISWA-MAHASISWI FAKULTAS KEDOKTERAN UISU TAHUN 2022
Authors: FALIHA, ROUDOH
Keywords: Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI), Vaksinasi, Covid-19
Adverse Events Following Immunization (AEFI), Vaccination, Covid- 19
Issue Date: 23-Oct-2023
Publisher: Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU230818;71190811023
Abstract: ABSTRAK Latar Belakang: Dalam pelaksanaan vaksinasi perlu diketahui efek samping yang akan terjadi setelah vaksinasi yang disebut dengan Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI). Apabila tingkat kesediaan vaksinasi rendah, maka akan sulit untuk mengendalikan pandemi Covid-19. Banyak faktor yang mempengaruhi kesediaan seseorang seperti persepsi risiko Covid-19, kepercayaan terhadap tenaga kesehatan, persepsi efektivitas vaksin Covid-19, keyakinan pada vaksin serta bahaya vaksin menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesediaan, hal ini dapat disimpulkan menjadi pengetahuan terkait dengan gejala kipi akibat vaksinasi. Tujuan: mengetahui hubungan tingkat pengetahuan tentang gejala KIPI vaksin pada mahasiswa dengan kesediaan melakukan vaksinasi dosis ketiga/booster Metode: penelitian ini menggunakan analitik observasional dengan desain Cross Sectional dan memiliki sampel sebanyak 125 mahasiswa/i usia 19-22 tahun Hasil: menggunakan uji Eta didapati hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan tentang KIPI dengan kesediaan vaksinasi booster namun kekuatan hubungan ini lemah (F hitung > F tabel; η=0,227) dimana peningkatan pengetahuan KIPI pada seseorang akan meningkatkan 22,7% kesediaan melakukan vaksinasi booster. Kesimpulan: Terdapat hubungan tingkat pengetahuan tentang gejala KIPI dengan kesediaan melakukan vaksinasi booster pada mahasiswa FK UISU tahun 2022 Kata kunci: Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI), Vaksinasi, Covid-19. ABSTRACT Background: In carrying out vaccination, it is necessary to know the side effects that will occur after vaccination, which are called Adverse Events Following Immunization (AEFI). If the level of vaccination readiness is low, it will be difficult to control the pandemic of Covid-19. Many factors affect a person's willingness such as perceptions of Covid-19 risk, trust in health workers, perceptions of the effectiveness of the Covid-19 vaccine, believe in vaccines and the dangers of vaccines being one of the factors that influence willingness, this can be concluded to be knowledge related to AEFI syimptoms due to vaccination. Objective: to determine the relationship between the level of knowledge about AEFI symptoms in students with the willingness to do the third/booster dose of vaccination Methods: this study uses observational analytic research with a cross sectional design and has a sample of 125 students aged 19-22 years Results: Using the Eta test, it was found that there was a significant relationship between the level of knowledge about AEFIs and the willingness to do booster vaccinations, but the strength of this relationship was weak (F count > F table; η=0.227) where an increase in AEFI knowledge in a person would increase 22.7% willingness to do booster vaccinations . Conclusion: There is a relationship between the level of knowledge about AEFI symptoms and the willingness to do booster vaccinations for UISU FK students in 2022 Keywords: Adverse Events Following Immunization (AEFI), Vaccination, Covid- 19.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2514
Appears in Collections:Pendidikan Kedokteran

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography2.23 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract135.31 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II393.69 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V354.56 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.