Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/223
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS XI SMK SWASTA PAB 3 MEDAN ESTATE T.P 2019/2020
Authors: SIMAMORA, INDAH GITA CAHYANI
Keywords: Model Pembelajaran Talking Stick, Model Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Siswa
Talking Stick Learning Model, Conventional Learning Model, Student Learning Outcomes
Issue Date: 12-Sep-2019
Publisher: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: 7115050109;7115050109
Abstract: ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS XI SMK SWASTA PAB 3 MEDAN ESTATE T.P 2019/2020 Indah Gita Cahyani Simamora Email : simamoraindah95@gmail.com Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas XI SMK Swasta PAB 3 Medan Estate T.P 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMK Swasta PAB 3 Medan Estate T.P2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK Swasta PAB 3 Medan Estate yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 46 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI-Perkantoran sebagai kelas eksperimen, dan XI-Akuntansi sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 23 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk angket dan pilihan berganda (Multiple Choice) sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran tes, dan daya pembeda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “uji t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Talking Stick lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick adalah pre-test sebesar 49.17, standar deviasi = 23.48 dan post-test sebesar 91.37, standar deviasi = 39.89, sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pre-test sebesar 54.17, standar deviasi = 25.53 dan post-test sebesar 89.70, standar deviasi = 36.24. Hasil pengujian hipotesis setelah menggunakan model pembelajaran Talking Stick diperoleh thitung > ttabel yaitu 126,6 > 1,721 dengan demikian ditolak dan pada dari hasil tersebut dapat dilihat ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas XI SMK Swasta PAB 3 Medan Estate T.P 2019/2020. KATA KUNCI : Model Pembelajaran Talking Stick, Model Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Siswa. ABSTRACT THE EFFECT OF TALKING STICK LEARNING MODEL ON PPKn LEARNING OUTCOMES IN CLASS XI STUDENTS OF PRIVATE VOCATIONAL SCHOOL PAB 3 MEDAN ESTATE T.P 2019/2020 Indah Gita Cahyani Simamora Email : simamoraindah95@gmail.com The problem in this study is the low student learning outcomes in PPKn subjects. The purpose of this study was to determine the effect of the Talking Stick learning model on the Learning Outcomes of PPKn Class XI Students of SMK Private PAB 3 Medan Estate T.P 2019/2020. This research was conducted in class XI PAB 3 Medan Estate Private T.P2019 / 2020. The population in this study were all class XI PAB 3 Medan Estate Private Vocational School which consisted of 2 classes with 46 students. The samples used in this study were class XI-Office as an experimental class, and XI-Accounting as a control class, each of which numbered 23 students. The sampling technique used is total sampling. The instrument or data collection technique in this study was a test of learning outcomes in the form of questionnaires and multiple choices of 20 questions that had been tested for validity, reliability, level of difficulty of the test, and test differentiation. Data analysis techniques used were normality test, homogeneity test, and hypothesis testing using the formula "t test". The results showed that the learning outcomes taught by the Talking Stick learning model were higher than the learning outcomes of students who were taught using conventional methods. Statistical test results show student learning outcomes using the Talking Stick learning model is pre-test of 49.17, standard deviation = 23.48 and post-test of 91.37, standard deviation = 39.89, while student learning outcomes using conventional learning methods are pre-test of 54.17, standard deviation = 25.53 and post-test of 89.70, standard deviation = 36.24. Hypothesis testing results after using the Talking Stick learning model obtained tcount > ttable that is 126.6> 1,721 thus rejected and from these results it can be seen that there is a significant influence of the use of the Talking Stick learning model on learning outcomes of PPKn class XI students of SMK PAB 3 Medan Estate TP 2019/2020. KEY WORDS : Talking Stick Learning Model, Conventional Learning Model, Student Learning Outcomes.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/223
Appears in Collections:Pendidikan Kewarganegaraan & Pancasila

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Indah Gita Cahyani Simamora.pdf73.23 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.