Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2206
Title: PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN SISWA DI PONDOK PESANTREN MUSTHAFAWIYAH PURBA BARU KAB. MANDAILING NATAL
Authors: YANTI, ROHMA
Issue Date: 22-Sep-2023
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU230545;71190211130
Abstract: ABSTRAK Nama : Rohma Yanti Npm : 71190211130 Judul :PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN SISWA DI PONDOK PESANTREN MUSTHAFAWIYAH PURBA BARU KAB. MANDAILING NATAL Pesantren Musthafawiyah banyak mengalami tantangan sejalan dengan perkembangan sosial yang mengitarinya,baik faktor eksternal dan internal. Faktor internalnya seperti perkembangan kurikulumdari tahun ketahun yang semakin bekembang,latar belakang kehidupan santri. Faktor eksternalnya hadirnya teknologi modern, tingkat kehidupan masyarakat yang akan mengganti nilai kehidupan keberagamaan kekehidupan modern. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti di Pondok Pesantren Musthafawiyah,kurikulum yang di gunakan di Musthafawiyah masih merujuk kepada kurikulum lama dan kurikulum itu masih di pakai hingga sekarang akan tetapi kurikulum baru (kemenag) sudah memasuki pondok pesantren tersebut,tentunya hal ini akan banyak mata pelajaran yang di ambil oleh santri sehingga manajemen kurikulum harus dipersiapkan secara tepat dan memberikan kenyamanan dalam belajar santri. Tujuan penelitian ini mengungkapkan perkembangan kurikulum pendidikan di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru. Mengetahui faktor yang mempengaruhi perkembangan kurikulum di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru. Mengetahui implikasi perkembangan kurikulum terhadap capaian pembelajaran siswa di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru. Jenis penelitian dalam permasalahan ini menggunakan jenis penelitian kualitatif pendekatan sejarah (historical research) . Kesimpulan dari skripsi saya ada bahwa PonPes Musthafawiyah sudah melakukan 2 pergantian kurikulum yaitu SKB 3 Mentri dan Muadalah, akan tetapi kurikulum yang di buat pendiri masih di pakai hingga sekarang. Faktor yang mempengaruhi kurikulum pendidikan di ponpes musthafawiyah purba baru itu dipacu pada dua faktor yang mempengaruhi yaitu faktor eksternal dan internal, faktor eksternalnya adalah guru, siswa ataupun orang-orang yang terkait didalamnya. Sedangkan untuk faktor internalnya adalah perguruan tinggi, lingkungan masyarakat. Implikasi perkembangan kurikulum terhadap capaian belajar siswa dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam menerapkan kurikulum tersebut. para guru juga melakukan upaya/usaha dalam meningkatkan kualitas belajar diantaranya melalui karakteristik belajar dimana para guru merancang sebuah metode pembelajaran yang di senangi siswa.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2206
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography1.46 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract159.79 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II699.09 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V621.01 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.