Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2196
Title: IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PAI DI KELAS X SMK SWASTA ISTIQLAL DELITUA KAB. DELI SERDANG
Authors: LUTHFIAH, NUR
Keywords: Literasi Digital, Pembelajaran , Agama Islam
Issue Date: 22-Sep-2023
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU230536;71190211093
Abstract: ABSTRAK IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PAI DI KELAS X SMK SWASTA ISTIQLAL DELITUA KAB. DELI SERDANG NUR LUTHFIAH NPM : 71190211093 Penelitian ini menjelaskan betapa pentingnya penggunaan literasi digital bagi peserta didik dalam meningkatkan pembelajaran pai di kelas X Smk Swasta Istiqlal Delitua. Salah satu komponen penting yang diperlukan didalam proses pembelajaran adalah media dan guru. Terkhusus pada guru Pendidikan Agama Islam, yang memiliki tugas utama dengan melaksanakan pembentukan kepribadian dan akhlak mulia serta mentransformasi ilmu pengetahuan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Literasi juga sangat penting dalam menunjang kelancaran proses pembelajaran. Di dunia pendidikan ini sendiri sudah dimasuki oleh teknologi dengan contoh yang paling sederhana adalah penggunaan laptopdan handphone. Penggunaan dan penguasaan teknologi ini dikenal dengan istilah literasi digital. Dan di era digital saat ini, tentu saja peserta didikharus memilih dan juga menguasai teknologi yang tepat pada saat pembelajaran agama berlangsung. Literasi digital yang digunakan pada saat pembelajaran Pai tentu saja akanmemberikan kesan dan warna baru serta menarik antusiasme para peserta didik kelas X di Smk Swasta Istiqlal ini. Di Smk Swasta Istiqlal ini peneliti mendapatkan informasi bahwasannya sekolah tersebut telah menggunakan media digital atau aplikasi ketika proses pembelajaran berlangsung, hal ini diberlakukan sejak adanya kurikulum merdeka. Dan sistem pembelajaran tersebut terus berlangsung dan dijalankan ketika pada masa pandemi, yang mengharuskan semua warga sekolah baik itu guru maupun peserta didik menjalankan proses pembelajaran dengan jarak jauh yang menggunakan Handphone dan aplikasi via zoom. Akan tetapi, ketika pembelajaran berlangsung tidak semuanya berjalan dengan mulus tanpa adanya hambatan apapun. Tentunya guru dan peserta didik mendapatkan atau mengalami hambatan ketika pembelajaran sedang berlangsung melalui via zoom. Salah satunya adalah mengalami gangguan jaringan internet dan terkadang peserta didik tidak ikut serta saat pembelajaran sedang berlangsung. Peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan agar mengetahui seberapa efektifnya implementasi literasi digital ini dalam meningkatkan pembelajaran khususnya di pembelajaran pendidikan agama islam di SMK Swasta Istiqlal Delitua. Dan ternyata penggunaan literasi digital dalam pembelajaran pendidikan agama islam di Smk Swasta Istiqlal cukup efektif untuk meningkatkan motivasi, daya tarik peserta didik dalam menerima pembelajaran pai yang dilakukan denganmenggunakan alat bantu atau media dan aplikasi yang berupa digital. Dengan begitu, peserta didik lebih semangat untuk menerima materi yang disampaikan oleh guru. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif yang peneliti lakukan dengan cara melakukan observasi di lingkungan Smk Swasta Istiqlal Delitua, melakukan wawancara dengan beberapa pertanyaan oleh guru pai, peserta didik, dan wakil kepala sekolah yang mewakili kepala sekolah Smk Swasta Istiqlal Delitua, selain itu juga mengambil beberapa dokumentasi di pembelajaran pai Smk Swasta Istiqlal Delitua khususnya di kelas X OTKP. Hasil penelitian ini yaituketika pembelajaran berlangsung di kelas X OTKP SMK Swasta Istiqlal Delitua, mereka memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan media digital yang ada untuk meningkatkan kemampuan peserta didil dalam penerapan literasi digital, seperti media sosial yaitu whatsapp, internet, e-book, dan handphone. Kemudian proses implementasi literasi digital dalam meningkatkan pembelajaran pendidikan agama islam ini tentunya ada beberapa tahapan yang harus diselesaikan yaitu pertama tahap menyediakan bahan ajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, kedua pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan teknologi, ketiga mengadakan evaluasi dengan memberikan tugas-tugas kepada peserta didik untuk mengetahui hasil pembelajarannya. Selain itu, Faktor pendukungnya adalah adanya fasilitas seperti Infoccus, Wi-fi, dan sejenisnya. Faktor penghambatnya adalah jaringan internet yang terkadang tidak stabil. Kata kunci : Literasi Digital, Pembelajaran , Agama Islam.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2196
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography1.06 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract55.14 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II118.78 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V388.36 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.