Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2164
Title: KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SEBAGAI UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA KARAKTER SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 MEDAN
Authors: RIZKY, FADILLA
Keywords: Kegiatan ekstrakurikuler, Upaya guru, Membina karakter
Issue Date: 14-Sep-2023
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU230508;71190211153
Abstract: 2 ABSTRAK KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SEBAGAI UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA KARAKTER SISWA DI SEKOLAH MAN 3 MEDAN FADILLA RIZKY NPM : 71190211153 Skripsi ini membahas tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Sebagai Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Karakter Siswa Disekolah Man 3 Medan. Pelaksanaan kegiatan Ekstrakulikuler Pendidikan Gama Islam di Sekolah ditujukan untuk menggali dan memotivasi siswa dalam bidang tertentu, dalam tulisan tersebut difokuskan dalam pembinaan karakter. Tujuam kegiatan ekstrakulikuler adalah untuk membantu dan meningkatka potensi siswa/I disekolah MAN 3 Medan khususnya dalam membina karakter, sehingga kegiatan ekstrakulikuler keagamaan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt, sehingga siswa dapat memiliki karakter yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pada siswa MAN 3 Medan (2) Mengetahui upaya guru dalam membina karakter siswa MAN 3 Medan, (3) Mengetahui tingkat keberhasilan dalam upaya pembinaan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler siswa MAN 3 Medan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dilakukan dengan pendekatan psikologis dan peadagogis untuk mengetahui upaya guru dalam membina karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian Kualitatf yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi Tindakan dan lain-lain. Penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang digunakan sebagai suatu gambaran kompleks, meneliti kata-kata, laporan terperinci dari pandangan responden, dan melakukan studi pada situasi yang dialami. Adapun sumber data yang penulis gunakan dalam Menyusun karya ilmiah ini dikelompokkan menjadi dua, yakni data primer dan data sekunder, sumber data primer dalam penelitian ini yaitu GuruAqidah Akhlak dan siswasebagai informan utama untuk mengetahui tentang bagaimana upaya guru aqidah akhlak dalam pembinaan akhlak siswa di MadrasahAliyah Negeri 3 Medan. Dan Adapun Sumber Data Sekunder3 adalah data yang diperoleh secara tidak langsung oleh peneliti tetapi telah berjenjang melalui sumber tangan kedua dan ketiga, jenis data sekunder dalam penelitian ini dapat berupa gambar-gambar, dokumnetasi, grafik, tulisan-tulisan dan berbagai dokumentasi lainnya. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrument utama adalah peneliti sendiri. Siswa dan guru MAN 3 Medan merupakan subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MAN 3 Medan mencakup bidang kesenian yang di dalamnya termasuk pelatihan tilawah, dakwah, kaligrafi dan kegiatan tadaruss. (2) Upaya pembinaan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan pada MAN 3 Medan meskipun masih belum sepenuhnya mencapai hasil optimal, namun antusias guru sebagai pembimbing sangat menunjang motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan tersebut. (3) bentuk-bentuk kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang dilaksanakan oleh siswa-siswi MAN 3 Medan dianggap berhasil dan membantu siswa dalam pembinaan karakter. Kata kunci : Kegiatan ekstrakurikuler, Upaya guru, Membina karakter
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2164
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography885.32 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract188.54 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II618.19 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V551.92 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.