Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2111
Title: PENGEMBANGAN MEDIA MUSIKALISASI PUISI TERHADAP KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI SISWA KELAS X SMA SWASTA AL-HIDAYAH MEDAN
Authors: Izza Nst, Salsabillah Nur
Keywords: Penelitian dan Pengembangan (R&D), Musikalisasi Puisi, Penggunaan Media, Kemampuan Mengapresiasi Puisi, Siswa, Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Issue Date: 12-Sep-2023
Publisher: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU220462;71180513024
Abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media musikalisasi puisi dalam kemampuan mengapresiasi puisi siswa kelas X SMA Swasta Al-Hidayah Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Borg & Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media musikalisasi puisi efektif dalam kemampuan mengapresiasi puisi siswa kelas X SMA Swasta Al-Hidayah Medan. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes kemampuan mengapresiasi puisi siswa setelah menggunakan media musikalisasi puisi. Oleh karena itu, pengembangan media musikalisasi puisi ini dapat dijadikan sebagai alternatif untuk kemampuan mengapresiasi puisi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media musikalisasi puisi secara signifikan meningkatkan kemampuan mengapresiasi puisi siswa kelas X SMA Swasta Al-Hidayah Medan. Terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa pada tes kemampuan mengapresiasi puisi dari 66,8 sebelum penggunaan media menjadi 81,1 setelah penggunaan media. Mayoritas siswa juga menyatakan bahwa mereka menyukai penggunaan media musikalisasi puisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Secara keseluruhan, pengembangan media musikalisasi puisi dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kemampuan mengapresiasi puisi siswa. Media ini juga dapat memperkaya pengalaman belajar siswa dan membuat pembelajaran bahasa Indonesia lebih menarik dan menyenangkan. Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan (R&D), Musikalisasi Puisi, Penggunaan Media, Kemampuan Mengapresiasi Puisi, Siswa, Pembelajaran Bahasa Indonesia.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2111
Appears in Collections:Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography366.66 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract30.63 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II606.17 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V649.31 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.