Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1822
Title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTS ULUMUL QUR’AN
Authors: NURAINI, SITI
Keywords: Project Based Learning,Bahan Ajar, Augmented Reality, 3-D
Issue Date: 6-Feb-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU230189;
Abstract: v ABSTRAK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTS ULUMUL QUR’AN OLEH SITI NURAINI Email : sitinuraini3220@gmail.com Model pembelajaran Project Based Learning merupakan model pembelajaran inovatif yang melibatkan kerja proyek dimana peserta didik bekerja secara mandiri dalam mengkonstruksi pembelajaran dalam produk nyata. Melihat tingginya penggunaan smartphone di Indonesia menjadi peluang yang besar untuk mengembangkan bahan ajar berbasis project based learning berbantuan augmented reality. Penelitian ini membahas respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan dan hasil belajar setelah menggunakan bahan ajar yang telah dikembangkan . Pengembangan yang dilakukan ini dengan menggunakan model Thiagarajan. Penelitian ini dilakukan di MTS ULUMUL QUR’AN kelas VIII. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis lembar validasi angket, instrumen kepraktisan, respon siswa dan hasil belajar. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah bahan ajar berbasis project based learning berbantuan augmented reality pada materi bangun ruang sisi datar memenuhi kriteria valid berdasarkan hasil dari penilaian 4 orang validator dengan cara mengisi angket penilaian dengan skor rata-rata 3,88 dan berada pada kategori baik, praktis diperoleh melalui angket respon peserta didik dengan skor rata-rata 3,45 dan berada pada kategori baik, dari hasil keefektifan memeroleh nilai sebesar 91,97% dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa dan peningkatan hasl belajar siswa yang dihitung mengguakan uji N-Gain memperoleh hasil 0,76 sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasi project based learning berbantuan augmented reality adalah sangat efektif. Kata Kunci : Project Based Learning,Bahan Ajar, Augmented Reality, 3-D v
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1822
Appears in Collections:Pendidikan Matematika

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography3.15 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract421.38 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II1.12 MBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V1.2 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.