Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1254
Title: PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBASIS TEKNIK STORYBOARD SISWA KELAS XI SMA
Authors: WIDDIANA, WIDDIANA
Keywords: Module Development, Writing Explanatory Text, Storyboard Technique
Pengembangan Modul, Menulis Teks Eksplanasi, Teknik Storyboard
Issue Date: 13-Oct-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU220115;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan modul pembelajaran menulis teks eksplanasi berbasis teknik storyboard siswa kelas XI SMA, berdasarkan penilaian dari validator ahli materi dan ahli desain. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan Thiagarajan (1974) yang telah dibatasi menjadi 3-D terdiri dari (1) pendefenisian, (2) perancangan, (3) pengembangan. Hasil penelitian ini menunjuk bahwa modul pembelajaram menulis teks eksplanasi berbasis teknik storyboard siswa kelas XI SMA telah memenuhi kategori baik. Penilaian terhadap tingkat kevalidan modul oleh ahli materi dengan nilai rata-rata sebesar 4,07 menunjukan ketegori baik dan ahli desain dengan nilai rata-rata sebesar 4,5 menunjukan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul pembelajaran menulis teks eksplanasi berbasis teknik storyboard siswa kelas XI SMA valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran pada kelas XI SMA. Namun, modul belum disebarluaskan ke siswa karena sistem pembelajaran terganggu di masa pandemi Covid 19.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1254
Appears in Collections:Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography5.1 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract64.73 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I, II.pdfChapter I, II137.04 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter III, IV, V6.52 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.