Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1048
Title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMK
Authors: DEPARI, DELIANA MAYANG
Keywords: critical thinking ability, LKPD, Realistic Mathematics Learning Model
kemampuan berpikir kritis, LKPD, Model Pembelajaran Matematika Realistik
Issue Date: 14-Jan-2022
Publisher: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan,Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU210326;
Abstract: Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, keefektifan dan kepraktisan dari pembelajaran dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis model Pembelajaran Matematika Realistik. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang menggunakan 5 tahapan yakni Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Sampel yang digunakan adalah kelas XI SMK Swasta Mulia Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dengan menggunakan model Pembelajaran Matematika Realistik mempunyai tingkat kevalidan sebesar 4,6 dengan kategori sangat baik, tingkat keefektifan dari hasil ketuntasan belajar klasikal pada uji coba I sebesar 15% peserta didik tuntas sedangkan pada uji coba II sebesar 88% peserta didik yang tuntas. Hal ini menunjukkan ada kenaikan sebesar 23% dari rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik. Respon peserta didik sangat baik dengan persentase 80% dan kepraktisan LKPD diperoleh rata-rata sebesar 4,29 dengan kategori sangat praktis.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1048
Appears in Collections:Pendidikan Matematika

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography17.8 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract41.55 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I.pdfChapter I563.85 kBAdobe PDFView/Open
Chapter II, III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter II, III, IV, V1.09 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.