Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/883
Title: PEMBELAJARAN KOSA KATA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BAHASA ARAB SISWA DI MTs SWASTA FAJRUL IMAN PATUMBAK
Authors: FALAH, MIFTAHUL
Keywords: Pembelajaran Kosa Kata, Kendala-Kendala, Pemahaman Bahasa Arab
Issue Date: 22-Dec-2021
Publisher: Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU210247;
Abstract: Strategi pembelajaran digunakan dalam serangkaian sistem pembelajaran yang memegang peranan yang sangat penting dalam keberhasilannya. Skripsi ini dilatar belakangi dengan adanya variasi penggunaan metode pembelajaran yang dilakuakan oleh guru Bahasa Arab di MTs Swasta Fajrul Iman Patumbak untuk menyampaikan materi pembelajaran bahasa Arab kepada siswa, sehingga siswa mampu menguasi kompetensi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ada. Dimana diketahui bahwa dalam pembelajaran bahasa Arab siswa harus mampu menguasai empat keterampilan. Keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca dan keterampilan menulis. Tentunya di sini guru harus menguasai dan menggunakan metode-metode yang sesuai dengan materi pembelajaran. Rumusan masalah dalam metode ini adalah bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran kosa kata bahasa Arab pada siswa MTs Swasta Fajrul Iman Patumbak, bagaimana kendala-kendala yang dihadapi siswa dan guru ketika proses pembelajaran kosa kata bahasa Arab di MTs Swasta Fajrul Iman Patumbak, dan bagaimana pengaruh pelaksanaan metode pembelajaran kosa kata bahasa Arab terhadap pemahaman bahasa Arab siswa MTs Swasta Fajrul Iman Patumbak. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah jenis pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi (pengamatan), wawancara (interview) dan dokumentasi dalam penelitian ini mewawancarai Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab dan para siswa. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh,5 dilakukan dengan cara menelaah seluruh data, mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi pembelajaran kosa kata bahasa arab guru menggunakan strategi terjemah tata bahasa (Tariqah al-Qawa’id wa al-Tarjamah), strategi langsung (al-Tariqah al-Mubasyarah), strategi membaca (Tariqah al-qira’ah), dan strategi Audio-Lingual (al-Tariqah al-Sam’iyyah wa al-Syafawiyyah). Kendala-kendala yang dihadapi siswa dan guru ketika proses pembelajaran kosa kata bahasa Arab antara lain kendala yang dihadapi guru adalah kurangnya ketertarikan peserta didik dalam mempelajari bahasa Arab, lemahnya semangat belajar peserta didik karena kurangnya keinginan belajar kosa kata bahasa Arab, dan peserta didik tidak memahami arti dari pentingnya mempelajari kosa kata bahasa Arab, dan kurangnya praktek bahasa Arab. Sedangkan kendala yang dihadapi siswa antara lain kurang penguasaan kosa kata bahasa Arab sehingga kesulitan dalam mengucapkan bahasa Arab, kesulitan dalam menghafal teks yang berbahasa Arab dan Kesulitan dalam menyusun kalimat dengan menggunakan bahasa Arab. Pengaruh pelaksanaan strategi kosa kata bahasa Arab terhadap pemahaman bahasa Arab siswa MTs Swasta Fajrul Iman Patumbak antara lain: Metode pembelajaran kosa kata bahasa Arab yang digunakan di MTs Swasta Fajrul Iman Patumbak bervariasi dan menggunakan berbagai media pembelajaran elektronik sehingga pelaksanaan metode pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab tersebut berpengaruh signifikan terhadap Pemahaman Bahasa Arab siswa yang ditandai dengan hasil evaluasi di akhir pembelajaran. Strategi pembelajaran kosa kata yang digunakan ini sangat membantu pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Al-Islam lainnya.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/883
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography482.21 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract274.29 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I.pdfChapter I528.14 kBAdobe PDFView/Open
Chapter II, III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter II, III, IV, V684.37 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.